Terbaik Rumah Adat Sasadu Dengan 8 Foto

Xanana Firmansyah

maka tingginya Soebardjo salam budaya Halo sahabat. kalian tahu saat aku menulis surat ini aku sedang berada di jailolo jailolo merupakan ibukota Kabupaten Halmahera Barat letaknya di . Provinsi. Maluku Utara Kalian pasti heran ya mengapa aku menulis surat ini dari ujung timur Indonesia Nah aku ingin menceritakan kepada kalian tentang keberagaman budaya ku . Disini meskipun kalian dapat mengetahuinya lewat Media elektronik atau di Aku ingin kalian mendengarkannya dariku Innova maka tingginya adalah motto daerahku artinya bersatu hati. membangun daerah nah sahabat dari. motonya saja sudah menggambarkan . Filosofinya yakni mencerminkan kehidupan masyarakatnya yang selalu bersatu dalam membangun daerahnya OK Google jancuk i. nyentuh Tuhan telah . Menganugrahkan Indonesia dengan keberagaman yang begitu indah keberagaman budaya seni adat istiadat. Rush bahasa dan agama. keberagaman tersebut dapat kita jumpai di sini bahkan ada yang menarik disini. sahabat yaitu adanya rumah adat sasadu. sasadu merupakan rumah adat suku bangsa sahu di Halmahera Barat suku ini merupakan suku asli dan tertua. di Halmahera Barat sasadu .

Biasanya digunakan masyarakat untuk berkumpul . Dan menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan. di rumah adat . Sasadu . Memiliki keunikan dan. mengandung makna filosofi mendalam Jika kamu berada di sini pasti kamu akan merasakan kekuatan . Maknanya Hai sahabat pasti tahu perkembangan arsitektur Nusantara telah .

Melewati masa yang panjang setiap daerah. memiliki trend yang khas dan keunikan sesuai dengan sejarah zaman tersebut bila kamu datang kesini pasti kamu akan. melihat keunikan rumah adat ini. di dalam sejarahnya sesaat itu memang telah ada sejak ke waktu setahun yang lalu Hai sasadu itu adalah tempat yang merupakan peninggalan dari suku sanggup yaitu suku. atau klenteng eh talay maupun Blend penjual hampir mirip konstruksinya tetapi dalam tatacara ininya agak . Sedikit berbeda dari dua .

BACA JUGA:   Memukau Wisata Bandungan Terbaru Dengan 17 Foto

Klaim tersebut Oh iya rumah adat Desa terwujud itu yang pertama berdiri pada tahun 1817 yaitu. Hai saya selaku kepala .

Desa . Taraudu re menyampaikan penjelasan tentang rumah adat yang ada di desa taraudu dan perebusan sampaikan . Bahwa rumah adat. yang ada di seputaran Kecamatan sahuri. eh yang paling . Besar ke rumah adat dan pasca . Dasar di Desa Karangwuni kemudian dia secara umum MUI disebut sebagai orang tua ke dalam giotrif adekuat Desa. akan terinfeksi .

Orang . Selaku orang tua ya setara Uni Desa tertua jadi contohnya er ukuran rumah adat. Sakya beda dengan ukuran kepada yang lain kita desadesa besar sekali karena ukuran rumah akan terhadap di desa Jeruju dia punya panjangnya. 9898 kurang atap . Yang a99bet Hai. sedangkan jasajasa lain ke gede Pak sampai 5 Depok ke . Bawah Dari .

Untuk dia sekarang . Rumah adat yang paling terbesar .

Di desa kemudian perlu saya jelaskan juga Ah fungsifungsi jemujemu yang ada ini jadi diwaktu acara . Ritual makanmakan hal . Yang punya status . Sebagai orangtua itu mereka berada di tempat yang diatas kepalanya diatas sedangkan yang disini ini . Status sebagai. anak atau dihapus . Hai fungsi utama rumah adat sasadu yaitu sebagai tempat pelaksanaan demokrasi melalui pertemuan kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan. Hai sebagai tempat penyelesaian masalah Hai dan sebagai tempat pelaksanaan ritual ini merupakan simbol hubungan. Persaudaraan antarwarga yang tidak akan putus Hai secara vertikal struktur rumah sasadu terbagi dalam tiga bagian. yaitu struktur bagian atas tengah dan bagian. bawah Hai yang menggambarkan satu. kesatuan yang utuh struktur bagian atas mengandung makna ketuhanan dimana bagian atas bangunan memiliki. filosofis yaitu segala makhluk di atas. bumi akan menengadah ke langit. Hai struktur bagian tengah mengartikan makna kemanusiaan. Hai struktur bagian tengah mengandung filosofis segala makhluk di atas bumi akan selalu. mempertahankan hidupnya Hai dengan cara menjaga kesempurnaan. antara Sang Penguasa sesuai dengan kemampuan mempertahankan kehidupan Hai sedangkan struktur bagian bawah memiliki. filosofis tempat berpijak maknanya manusia selalu berpijak diatas tanah. miliknya dan berusaha dengan bijak. Hai tiangtiang . Penopang dihubungkan . Satu sama lain dengan balok. penguat dan tidak dipaku tetapi menggunakan pasak kayu dan. dikuatkan dengan . Ikatan tali. elearning yo yo Hai orangorang sahu pada umumnya percaya bahwa yang berkuasa .

BACA JUGA:   Terbaik 11 Wisata Kabupaten Bengkulu Utara

Di bumi ini. adalah penguasa langit dan bumi atau. Tuhan yang maha kuasa Hai . Jadi sekuat menutup barengbareng . Beberapa ibaratkan . Proof cek masalahnya Biarkan kita bunga. artinya market saponi parken paket mau. Hai Fadlan udah mirip gergaji itu. ada Depo tujuan menurut petua ucapannya flora setengah F Ya aku sangat bersyukur karena meskipun zaman .

Telah semakin modern tetapi gaya arsitek dari bangunan tradisional ini masih tetap bertahan dengan keasliannya jika kalian ada . Kalian pasti akan merasakan kenyamanan dan kebersamaan di sini. Hai sahabat budaya tak .

Terasa waktu telah berlalu Padahal aku masih ingin melanjutkan isi . Suratku ini masih banyak . Yang ingin kuceritakan kepada kalian tentang keunikan budaya ku aku berharap suatu. saat kamu bisa berkunjung kesini jangan pernah melupakan aku . Ya Meskipun aku di. ujung timur . Indonesia Aku sangat merindukan kalian karena kita adalah. Indonesia sampai jumpa dan salam budaya. Soebardjo Hi Ho hai









Also Read

Bagikan: