Makanan Lebaran Jaman Dulu: Kelezatan yang Khas dari Indonesia

Wani Mandasari

Lebaran adalah momen spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Momen ini selalu ditunggu dengan antusias dan beragam kegiatan yang menarik, salah satunya adalah menikmati makanan khas Lebaran. Khususnya, makanan lebaran jaman dulu yang menghadirkan kelezatan yang khas dari Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa makanan lebaran khas jaman dulu yang bisa membuat kita merindukan masa lalu dan menyatukan kenangan manis dari masa kecil dengan keluarga.

Ketupat

Ketupat merupakan makanan lebaran jaman dulu yang sangat populer di Indonesia. Biasanya ketupat disajikan bersama rendang, opor, atau sayur lodeh. Ketupat terbuat dari beras yang dicuci bersih, lalu dimasukan ke dalam anyaman daun kelapa. Kemudian, ketupat direbus dalam air selama kurang lebih dua jam dan siap dihidangkan.

Lemang

Lemang juga merupakan makanan yang tidak bisa terpisahkan dari perayaan Lebaran. Berbeda dengan ketupat yang ditanam di rumah, lemang dibuat dengan cara memasak beras ketan dalam bambu yang sudah dibersihkan. Proses memasak lemang memakan waktu sekitar tiga jam, namun hasil yang dihasilkan sangat luar biasa dan sangat nikmat.

Dodol

Dodol adalah sebuah kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Biasanya dodol disajikan bersama dengan makanan lebaran lainnya seperti ketupat atau lemang. Dodol memiliki tekstur yang kenyal dan bisa bertahan lama serta rasanya yang manis dan lezat.

Kue Putu

Kue Putu merupakan makanan lebaran jaman dulu yang berasal dari daerah Jawa. Kue ini mirip dengan lemper namun diisi dengan campuran kelapa dan gula merah yang sudah diparut. Rasanya sangat lezat dan cocok disajikan bersama teh manis hangat.

Lontong

Lontong juga merupakan makanan lebaran jaman dulu yang sangat terkenal di Indonesia. Lontong terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun pisang dan direbus selama kurang lebih dua jam. Lontong biasanya disajikan dengan beragam hidangan seperti opor, sambal goreng ati, rendang, atau sayur lodeh.

BACA JUGA:   Taman tamadun islam jetty car park

Kue Kering

Kue kering merupakan makanan lebaran jaman dulu yang tidak boleh terlewatkan dalam hidangan lebaran. Kue kering mempunyai beragam varian dan rasa yang berbeda, seperti nastar, kastengel, lidah kucing, putri salju, dan banyak lagi. Kue kering ini menjadi makanan yang populer karena bisa bertahan dalam waktu yang lama dan mudah dibawa serta disajikan.

Itulah beberapa makanan lebaran jaman dulu yang sangat populer dan melekat di hati masyarakat Indonesia. Makanan lebaran memang tidak selalu sama setiap tahunnya, namun kelezatan dan kenangan yang dihasilkan selalu sama eratnya dalam benak kita. Yuk, kembali merayakan Lebaran dengan memberikan tempat istimewa untuk makanan lebaran jaman dulu!

Also Read

Bagikan: