10 Tempat Wisata di Bantul Jogja yang Menawan

Harsaya Wasita

Bantul adalah daerah yang terkenal dengan kekayaan tempat wisatanya yang luar biasa. Berada di kawasan Jogja membuat tempat wisata di Bantul Jogja mempunyai ciri khas tersendiri. Berbagai jenis wisata seperti alam, belanja, kuliner, dan sejarah bisa ditemukan di Bantul. Berikut adalah 10 tempat wisata di Bantul Jogja yang menawan.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah tempat yang sangat populer, terletak diantara pesisir Samas dan Keben. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang mengesankan dan juga terdapat banyak kegiatan wisata yang bisa dinikmati seperti surfing, berkuda, atau sekadar menikmati sunset.

2. Goa Pindul

Goa Pindul terletak di Kecamatan Bejiharjo, yang menawarkan pesona alam yang takkan terlupakan. Wisatawan bisa memasuki goa menggunakan ban dalam, dan menyusuri sungai dengan pemandangan yang indah.

3. Hutan Pinus Mangunan

Fotogenik dan menyejukkan, Hutan Pinus Mangunan adalah tempat yang cocok untuk mengisi liburan Anda. Pemandangan alam yang menakjubkan ini dapat ditemukan di daerah Mangunan, terkenal dengan panorama hijau pinus dan lembah yang indah.

4. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah sebuah museum yang terletak di Kaliurang. Museum ini menyimpan berbagai koleksi karya seni, budaya, dan sejarah Jawa yang luar biasa. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana budaya kental Jawa.

5. Taman Langit Gunungkidul

Taman Langit Gunungkidul adalah tempat wisata edukasi untuk anak-anak dan menyenangkan bagi orang dewasa. Terdapat bermacam-macam aktivitas seperti flying fox, menara pandang, dan taman mainan tradisional.

6. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Desa Bleberan, Purwosari, Gunungkidul. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan juga dapat diakses dengan mudah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan mendaki, berenang atau sekedar berfoto.

BACA JUGA:   Favorit 7 Wisata Kelok 9 Foto Yang Menakjubkan

7. Pantai Timang

Pantai Timang menawarkan pengalaman menyeberang ke sebuah pulau kecil menggunakan alat transportasi gantung, atau lebih dikenal dengan nama ‘gondola’. Dengan berada di ketinggian 100 meter, pengalaman ini pasti takkan terlupakan.

8. Makam Raja-raja Imogiri

Makam ini dikenal sebagai makam kerajaan Mataram Islam, tempat yang menyimpan strategi militer yang canggih dan pintu gerbang yang luar biasa. Terletak di Imogiri, wisatawan dapat melihat sejarah kesultanan melalui makam raja-raja Islam yang terkenal.

9. Taman Wisata Kaliurang

Dengan pemandangan yang sejuk dan bersih di dalam kawasan pegunungan Merapi, Taman Wisata Kaliurang menawarkan kesejukan dari hiruk pikuk kota. Terdapat banyak kegiatan yang dapat dinikmati seperti berkeliling menggunakan kereta gantung yang terkenal, menyaksikan pemandangan indah atau menjelajahi kebun binatang mini.

10. Pantai Glagah

Pantai Glagah adalah tempat wisata di Bantul Jogja yang lagi naik daun. Pantai ini menawarkan pemandangan sunset yang sangat indah dan juga dapat dinikmati dengan naik perahu.

Itulah 10 tempat wisata di Bantul Jogja yang menawan. Tempat-tempat tersebut sangat cocok untuk mengisi liburan Anda bersama keluarga dan kerabat terdekat. Jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan lokal Jogja, seperti angkringan dan gudeg. Selamat berlibur!

Also Read

Bagikan: