Memukau 5 Foto Wisata Situs Peninggalan Purbakala Liang Kobori Dan Metanduno

Xanana Firmansyah

dilindungi dan dilestarikan oleh pemerintah Selain itu gua ini pun menjadi tempat pariwisata dan penelitian kepurbakalaan di Hai gua ini merupakan sebuah gua alam yang diteliti pertama kali oleh seorang sejarawan bernama qosasi Esa pada tahun 1977 gua ini terkenal karena adanya ornamenornamen yang berupa lukisan yang terdapat pada dinding gua .

Lukisanlukisan ini merupakan salah satu lukisan yang dibuat . Oleh para manusia purba di Halo huhuhu gua ini terletak kurang lebih 10 km dari pusat Kota Raha melalui Jalan Poros rahama Bolo .

Tepatnya di perbatasan antara Desa Bolo dan desa masalili Kecamatan lohia untuk mencapainya kita dapat menggunakan . Kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi selama kurang lebih satu jam perjalanan ketika memasuki areal situs peninggalan liangkobori dan metanduno gua pertama yang kita temui adalah .

Gua metanduno gua metanduno merupakan gua alam yang kita jumpai terlebih dahulu sebelum gua liangkobori pada gua ini kita dapat melihat berbagai hasil peninggalan manusia prasejarah . Seperti lukisanlukisan hewan dan asap yang merupakan sisa kegiatan masakmemasak . Yang dilakukan oleh manusia prasejarah gua ini disebut sebagai gua metanduno sebab kebanyakan motif yang ditemukan pada gua ini merupakan motif hewan bertanduk dalam bahasa muna tandu berarti tanduk lukisanlukisan ini merupakan lukisan yang dibuat oleh manusia prasejarah dari bahan berupa darah hewan buruan sebab pola kehidupan masyarakat prasejarah yang hidup didaerah ini adalah berburu lalu darah hasil hewan buruan dikumpulkan agar dapat menjadi suatu lukisan hurufhurufnya greget help. gua ini . Biasa dikunjungi oleh para pelajar untuk studi lapangan maupun para sejarawan Selain itu ada pula wisatawan mancanegara . Yang sengaja datang untuk . Melakukan penelitian atau dating untuk berwisata saja selain .

BACA JUGA:   Wisata air di jakarta timur

Dapat mempelajari dan menikmati lukisan dari gua ini kita pun dapat melihat formasi geologi seperti stalaktit dan stalakmit yang memiliki . Bentuk beragam yang merupakan hasil pengerasan dari mineralmineral alam yang terbentuk sejak ratusan tahun yang lalu togel high heels yuk. setelah kita memasuki gua metanduno Kini kita ke gua liangkobori Hai sesuai . Namanya yaitu liangkobori yang jika kita artikan kedalam bahasa daerah Muna berarti .

Gua bertulis di dalam gua ini kita hendak menemukan berbagai jenis lukisan yang dibuat oleh para manusia prasejarah lukisan lukisan .

Pada dinding gua ini sampai saat . Ini sedang . Menyimpan misteri tentang kehidupan prasejarah warga Muna yang . Tergores pada 130n situs aneka goresan berwarna merah pada dinding gua lukisanlukisan ini sedang terjaga keasliannya sampai sekarang . Kirim air Tong susu lebih dari beragam aneka lukisan di dalam gua liangkobori tergambar cara hidup warga suku Muna pada masa lalu mulai dari cara bercocok tanam beternak . Berburu beradaptasi . Dengan sekeliling yang terkait dan bertempur untuk mempertahankan diri dari penyerangan negara . Musuh di tengah lukisan yang telah tersedia dalam gua itu yaitu gambar seseorang yang menaiki seekor gajah gambar matahari gambar pohon kelapa barubaru binatang ternak seperti sapi kuda . Serta gambar . Layanglayang yaitu salah satu media ritual warga Muna pada ketika itu Ilham gitulah situs peninggalan purba sejarah gua metanduno serta gua liangkobori yang sampai sekarang masih terjaga keasliannya sejarah bukanlah beban ingatan melainkan penerangan jiwa kita bukan pembuat sejarah kita dibuat oleh sejarahsejarah adalah siapa kita dan mengapa kita seperti ini nah.


Photo Via : docplayer.info
Photo Via : docplayer.info
Photo Via : docplayer.info
Photo Via : docplayer.info
Photo Via : docplayer.info

Photo Via : docplayer.info
Photo Via : docplayer.info
Photo Via : docplayer.info
Photo Via : docplayer.info
Photo Via : docplayer.info

Also Read

Bagikan: