Favorit Bantayo Po Boide (Rumah Raja-Raja Gorontalo) Dengan 6 Foto

Cawisadi Salahudin

Sulawesi perairan perairan ini merupakan jalur pelayaran untuk kepentingan perdagangan maupun penyebaran agama dari berbagai daerah di Indonesia bahkan menjadi jalur masuknya perantau dari Hokkian serta Jazirah Arab. layaknya provinsi lain di Indonesia . Gorontalo juga memiliki rumah khas sesuai dengan peruntukannya rumah adat ini menjadi representasi dari nilainilai budaya dan filosofis masyarakat Gorontalo salah satunya yaitu Banda yo opo ide. rumah adat yang terletak di desa kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo ini merupakan .

Perwujudan dari kediaman sang raja sekaligus tempat bermusyawarah dimana seiring perkembangan zaman juga difungsikan sebagai penyelenggaran ragam upacara adat penerimaan tamu kenegaraan pesta perkawinan adat serta kegiatan sosial dan keagamaan kalau bantai bobok ide yang kita saksikan seperti botol itu .

Adalah. I hope rumah kerajaan sekali rumah Raja maksudnya sekaligus tempat bersidang nya para rajaraja dimana pada saat . Itu setelah terjadi perubahan Raja langsung memimpin yang disebut dengan waktu lagu batok atau eksekutif Jadi Raja memimpin. sehingga disebut dengan pantai pulau ini artinya rumah tempat bersidang di persidangan. dilakukan di situ karena raja yang memimpin tinggal di situ sejatuh Gorontalo memakai . Filosofi adat bersendi syarak syarak bersendi Quran maka struktur bangunan Raja itu itu selalu berada didepannya ada masjid lalu sebelum masjid harus ada alunalun atau . Lapangan mesti alunalun itu. raja mengumpulkan masyarakatnya lalu kemudian di pelaksana k’naan shalat terutama Shalat Jum’at shalat Idul Fitri Idul Adha Raja akan turun . Dari rumahnya dari rumah Raja menuju ke . Masjid melintasi lapangan seperti itu Jadi ada struktur rumah raja atau istana Kemudian alunalun . Kemudian masjid GTA .

Posisi dibangunnya . Bantai Purboyo di Gorontalo Sewu bakal Tahun berapa Kalau enggak salah ingat ini masa Bupati mungkin kasmat lahay ya Nah di depan taubatnya begitu adalah kantor pemerintahan lalu kemudian antara rumah. babay dan kantung hutan itu karena . Delapan disebelahnya lalu kemudian ada Masjid Baiturrahman ini strukturnya memang seperti itu dimanamana di Gorontalo struktur rumah Raja Selalu Begitu. itu dibedakan rumah penduduk dan er fabbro kerajaan rumah para raja atau rumah para petinggi dan rumah parah Raja itulah yang kemudian disebut hilaliyah Lady dalam gila dia itu struktur bangunannya dari depan ke. belakang itu dimulai dengan oh pintu gerbang arcus dalam membangun rumah. jumlah kamar atau ruangan itu disesuaikan dengan . Jumlah anggota keluarga . Jadi kalau patokan anggota keluarga 4 tadi Berarti kamar itu ada delapan nanti ya Kenapa . 84 untuk anakanaknya dua untuk satu untuk order aja sendiri. dan satu untuk raja dan istrinya suami istri dan buah yang lainnya itu disebut kau kamarwan kwali low adakahwali lo. Adakah itu adalah kamar rias untuk putriputri raja dan satu aku Allah Um dia jika ada putriputri raja yang akan menikah maka sesudah diangkat dia masuk ke kamar hub yaitu sesudah dari bagian. depan ada melewati gapura ada kemudian di . Sebelah kanan

BACA JUGA:   11 Foto Wisata Kabupaten Pesisir Selatan

Also Read

Bagikan: