Favorit 7 Wisata Sungai Digoel

Hairyanto Dongoran

bovendigoel kabupaten yang luas wilayahnya melebihi Provinsi Banten ini dahulu karena letaknya yang demikian terpencil provindi full sempat dijadikan sebagai tempat pengasihan bagi tokohtokoh pejuang kemerdekaan Republik Indonesia pada era pemerintahan kolonial Belanda Bung Hatta sang proklamator dan Bom Syahrir adalah diantara mereka yang pernah menghuni pilihpilih penjara di . Boven digoel ini kini . Wajah bopeng tertentu sudah banyak berubah sedikit demi sedikit terlihat roda pembangunan . Sudah bisa dirasakan masyarakat setempat. Hai namun meski sudah tersentuh pembangunan tak sedikit masyarakat di sejumlah desa di Kabupaten Boven digoel yang masih mengalami persoalan kesulitan air yang menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat terutama air minum kondisi. geografisnya pun menjadi tantangan tersendiri di kabupaten yang terletak di selatan. Papua ini merupakan satu dari sejumlah kabupaten di Indonesia yang ditetapkan sebagai prioritas pencegahan . Stunting oleh pemerintah pada tahun 2018 lalu . Hal ini dikarenakan masih adanya masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih di sekitar daerah kabupaten Boven digoel ini hal itu jugalah yang membuat kementerian PU PR turun langsung dalam mengatasi masalah ini dengan program spam perdesaan padat karya the . F*** Selain faktor keterbatasan pengetahuan ekonomi serta degradasi lingkungan faktor minimnya akses pada ketersediaan dan kualitas air . Minum yang berkelanjutan adalah persoalan paling pokok yang dapat memicu buruknya . Asupan gizi yang berdampak risiko stanting. ia tak dapat disangkal bahwa air adalah. sumber kehidupan namun disatu .

Sisi kenyataan bahwa letak pemukiman masyarakat yang jauh dari sumber mata air baku ditambah lagi curah hujan yang tak menentu kerap menjadi kendala serius yang dihadapi masyarakat kawasan pedesaan dalam mendapatkan air minum yang aman dikonsumsi Oh iya jadi kita dulu tuh kita timba air di jurang di sumur kita . Turun sekitar. paling kurang satu sampai setengah kilo. satu setengah . Kilo begitu kita turun ke jurang ambil air timba pakai jeriken bahwa naik ke rumah Jadi setiap harinya seperti itu . Karena kondisi tempat kita. berbukit botol kesulitan Biasanya hari. jauh kita tiba di hutan begitu baru. ngerti di Indonesia Selamat siang pak ya terima kasih saya saya dari Jakarta dengan bapak siapa robertus bapakbapak ini tadi katanya dengan kepala kampungnya ya Pak ya kalau Kampung bawang Kenapa saya mau ngobrolngobrol dikit boleh ya Pak ya yang mau nanya nih Pak . Saya tuh dengerdenger katanya kalau di daerah sini .

BACA JUGA:   Menikmati Keindahan Indonesia: Tempat Wisata Paling Populer

Itu agak sulit ya Pak untuk mendapatkan air bersih bener nah itu gimana Pak biasanya kalau mau ambil air bersih itu harus ambil dimana Hai dulu masyarakat itu ambil layar itu di mata air itu menyeretnya kurang lebih. ada dua kilo kebutuhan akan Air sebagai. .

Penopang kehidupan manusia memang sangatlah krusial mengingat dampak yang besar bagi kualitas kehidupan dan masa depan masyarakat itu sendiri terlebih pencegahan . Stunting sebagai upaya agar anakanak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara baik dan optimal .

Telah menjadi

Also Read

Bagikan: