Memukau Museum Bank Mandiri Dengan 10 Foto

Wawan Pradana

akan Cek suhu Hai Bapak dah sekarang kita bisa masuk jadi kita kalau datang ke museum Mandiri. kita harus titipkan barang disini kecuali barangbarang berharga kita . Boleh bawa . Sekarang kita mau titipin barangbarang kita dulu ya j&t sekarang kita udah dapat nomor antrian kita boleh masuk ke museum Nih. nomor antrian titipan saya oke Guys kita sekarang akan melihat museum Mandiri Hai masih dalam bahasa blender Hai mungkin ini lebih ke apa ya zaman. Belanda dulu bangunannya gitu probiotik at sekarang beli tiket dulu. di babak Oh gitu belinya online guys jadi . Kita. akan melakukan pembayaran lewat online nih . Guys kita sekarang akan melakukan pembelian tiket untuk melihat museum Mandiri ya Rp15.000 Oke melakukan pembayaran . Dulu kalau kalian mau pakai BCA bisa pakai scanning online. yo yah Kita udah Makita melakukan pembayaran pakai debit Mandiri satu orang .

Cukup Rp5.000 aja kalian bisa. follow Instagramnya mandiri untuk lebih tahu banyak tentang museum ini enggak. boleh ini Mbak boleh Oh iya . Terima kasih ya kita akan. mendapatkan speaker untuk MOS setelah melakukan pembayaran Nah jadi kita tempel lagi di sini dengan model yang sama kita mulai keliling lihat museum. Bank Mandiri di ruangannya luas banget Hai di atas enggak enggak boleh iya Oh. ya ini kita bisa lihat list zaman Belanda nih modelnya kayak begini ini. mungkin udah usianya udah benerbener udah tua banget kemudian . Kita coba jalan. kita bisa lihat ah ruangan bank zaman. dulu itu jauh lebih besar daripada mungkin kita Kayaknya lebih lebih enak. jadi pegawai bank zaman dulu kepriye pernah gedungnya gede gitu luwah itu. pergantian oksigennya sehat Tata ruangnya bagus orang di ruang pelayanan ini disini kita bisa. lihat ini adalah ruang pelayanan nasabah. ruang . Pelayanan . Nasabah ini di sini ada yang namanya mungkin sekarang ini adalah backoffice jadi dimana dikerjakan tabungan dikerjakan deposito kemudian. dikerjakan Apa bagian transfer kemudian. bisa juga ini kasir Cina ya. nda Di sini ada yang . Namanya coba diperlihatkan ada . Ruang kasir Cina nah. disini . Itu ada tafsir yang dia itu udah. sejak zaman kolonial eh dia sangat pintar . Berhitung jadi .

BACA JUGA:   Tempat main anak di grand galaxy park

Dia dibuatkan ruangan khusus di sini untuk eh orangorang Cina tersebut namun tidak mudah untuk menjadi kasir karena mereka harus ada yang menjamin misalnya orangtua saudara pejabat merupakan relasinya kepandaian menghitung uang. itulah yang kemudian mereka dibuatkan ruangan khusus di sini di sini kalian bisa melakukan transaksi seperti sistemsistem transfer . Tabungan deposito. rekening koran kemudian eh eh. Ini bukti transfer transfer yang mungkin sekarang lebih kayak bisa berjalan seperti kliring dan sebagiannya MP3 Sekarang kita akan masuk ke afdeling. bangs.com . Belum pergunakan bahasa Belanda karena memang dia dibangun dan dibuka pada tahun yo yo Hai aku namanya di .

Mana sekarang yeah kita akan masuk di sini Bilang assalamu’alaikum karena udah ada yang menyambut Assalamualaikum ini. adalah suatu sejarah dimana sistem zaman. dulu Kita masih memakai kapal laut Oke. Guys kita sudah masuk ke ruangan dimana disini dipasang eh kedatangan VOC ke. nusantara di sini ada sejarahnya Mungkin. kalian bisa lihat bisa baca .

Atau kita. akan memasukin Kenapa kita menabung nah. dulu zaman dulu kita dengan mempergunakan celengan macammacam celengan ada di sini edisi ini dijelaskan tentang runtuhnya VOC seperti ini Hai juga . Ada perang Padri . Sejarah Perang Padri Perang Diponegoro dan disini kita. bisa juga ngelihat bagai apa aja sih. yang diproduksi di Indonesia waktu itu yaitu Cengkeh pala dikasih .

Kalian bisa. lihat nih macammacam ada gula ada. Kayumanis mereka . Semua adalah penghasil. yang kemudian dibawa seperti ini. Hai inilah gedung pertama yang dibangun sejarahnya di sini kalian bisa lihat nih. Mandiri dari manajemen diri itu berdiri. ini bank exim bank exim tahun 1968. memudian Bank Bumi Daya 1968 kemudian. Bank Dagang Negara 1960 babindo 1960. mereka melebur menjadi . Satu yaitu menjadi Bank Mandiri disini kita bisa lihat Aa sejarah pembangunan PBB Ayo kita bisa lihat ini adalah mesin uang mesin uang untuk menghitung logam. mata .

BACA JUGA:   Taman kelinci villa khayangan

Uang logam Hai itu . Hai Nah di sini kita stempel pada saat itu ini adalah . Stempel yang dipakai pada. saat itu kemudian ini adalah mesin pembubuh matre karena waktu itu kalau kita nggak punya materai kita . Itu ini dinamakan materai peraan Jadi mungkin lebih badah stempel matre tapi kita. punya mesin jadi ini namanya matre traan gitu disini sejarah singkat. . Hai pa ini jenisjenis . Tabungan yang ada seni adalah slip deposit tuh pada saat. itu saat ini Bank Bumi Daya Hai Kan kita tahu Mandiri dari Bank Bumi Daya dari eh apa namanya Bang negara ya. kemudian melebur dari empat Bang menjadi Mandiri kita akan memasuki loronglorong. Hai Bank Mandiri ini adalah Bank Mandiri jaman Belanda kita bisa . Lihat bagus. sekali Hai Ini adalah peta Mandiri zaman dulu. untuk cabang Medan di seluruh Indonesia. dibawa gedunggedung nya semua gedung Belanda ini di Malang guys jadi jomblo. itu . Semuanya itu pasti ada ruangan bawah tanah Hai untuk perlindungan jika terjadi. sesuatu atau permintaan arsip lebih kepada di bawah Nah inilah kita sudah. memasukin kantor karyawan Bank Mandiri. zaman baheula pemilik saham. Hai Bank Mandiri tahun 1929 kita. memasukin eh ke tempat apa namanya. Hai jenis mesin penghitung . Uang kertas zaman dulu Ayo kita bisa lihat Hai . Nah kalkulatornya kalau waktu itu mungkin kita ke bank di tahun 1930 33. seperti inilah analog kalkulator. Hai ini adalah mesin penghitung uang logam Hai jaman dulu jadi ditaruh di semua ke situ kemudian . Perkembangan zamannya. Hai ini adalah mesin apa semacam kalkulator mungkin zaman sekarang tapi ini udah terlalu lama sekali kalian Mungkin bisa lihat ini mesin teh untuk kita bikin bilyet deposito buku tabungan segala macam dulu masih manual sekali guys nah ini Hai komunikasi . Lewat telepon yang dilakukan dengan mesin telepon seperti ini pada saat itu .

BACA JUGA:   Tempat main anak anak yang aman

Bisa diperlihatkan mesinnya Hai di sini kalian Mungkin pengen tau yang namanya buku besar ya zaman dulu ya kalau sekarang kita semuanya udah pakai digital ya kita udah pakai me apa maksudnya . Semuanya digital semua tapi kalau zaman dulu kita masih pakai manual juga yang namanya buku tabungan buku deposito buku rekening koran Nah di sini kita ngelihat ini adalah buku besar bukan besar bukunya tapi memang benarbenar ini catatan bank untuk semua transaksi Hai belum baca klo .

Guys tuh Tulis dong. di situ eh . Di diambil dong deketin kurang deket nggak kebaca Hai . Wah hebatnya adalah mereka menuliskannya itu dengan apa Timpa bukan. dengan bolpoin ini adalah ruang usaha. Hai Bisa Giant ah. ia mengambil buktibukti transaksi keluarganya Hai ini untuk transaksi playback. uangnya sebesar ini guys Sagita lihat. begitu luasnya realnya Oh begitu Sehatnya udaranya bahkan pada. saat itu jadi kalkulator yang dipakai untuk transaksi bank kemudian eh mesin. tik yang dipakai untuk transaksi pembuatan bilyet deposito ataupun bukti tabungan setor uang dan sebagainya bukti transfer jadi Guys











Also Read

Bagikan: