Memukau Foto Kota Banyuwangi Dengan 13 Foto

Cawisadi Salahudin

kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa di kawasan tapal kuda dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara Selat Bali di timur Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di sisi Barat Kabupaten Banyuwangi merupakan Kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas . Di pulau Jawa dengan luas .

Wilayahnya yang mencapai 5780 2,50 km2 di pesisir. Kabupaten . Banyuwangi terdapat pelabuhan nah . Yang merupakan penghubung utama Antara Pulau Jawa dengan Pulau Bali Kabupaten Banyuwangi memiliki julukan kota Gandrung dan memiliki motto . Satya Bhakti Praja Mukti yang berarti . Setiap ada Bakti untuk masyarakat Makmur Secara geografis wilayah Kabupaten Banyuwangi cukup beragam dari dataran rendah hingga pegunungan kawasan perbatasan dengan Kabupaten Bondowoso terdapat rangkaian .

Dataran tinggi Ijen dengan puncaknya Gunung Raung Gunung Raung dan Gunung Ijen adalah gunung api aktif bagian selatan . Terdapat perkebunan peninggalan sejak zaman Hindia Belanda di perbatasan dengan Kabupaten Jember bagian selatan .

Merupakan kawasan konservasi yang kini Dilindungi dalam sebuah cagar alam yakni Taman Nasional Meru Betiri . Pantai Sukamade merupakan kawasan penangkaran penyu di Semenanjung Blambangan juga the empat Cagar alam yaitu Taman Nasional . Alas Purwo pantai Timur Banyuwangi yang menghadap ke Selat Bali merupakan salah satu penghasil . Ikan terbesar di Jawa Timur tepatnya di kecamatan Muncar yaitu Pelabuhan Perikanan Muncar dalam . Sejarahnya Banyuwangi tidak lepas dari sejarah kerajaan Blambangan pada pertengahan abad ke17 Banyuwangi merupakan bagian dari kerajaan Hindu Blambangan yang dipimpin oleh pangeran tawangalun secara administratif VOC menganggap Blambangan sebagai wilayah kekuasaannya atas dasar penyerahan kekuasaan Jawa bagian timur termasuk Blambangan oleh pakubuwana 2 kepada VOC. padahal Mataram tidak pernah bisa menguasai daerah Blambangan yang saat itu merupakan kerajaan Hindu terakhir di pulau Jawa Hai namun .

BACA JUGA:   Terbaik 2 Mbue Deng Sideban Foto Yang Menakjubkan

VOC tidak pernah benarbenar .

Menancapkan kekuasaannya sampai pada akhir abad ke17 ketika pemerintah Inggris menjalin hubungan dagang dengan Blambangan daerah yang sekarang dikenal sebagai Kompleks Inggrisan adalah bekas Tempat kantor dagang Inggris bawo segera . Bergerak untuk mengamankan kekuasaannya atas pengembangan pada akhir abad ke18 hal ini menyulut perang besar selama lima tahun yakni antara tahun 1767 hingga 17728 peperangan itu . Terdapat. satu pertempuran Dahsyat yang disebut Puputan Bayu sebagai merupakan usaha terakhir kerajaan Blambangan untuk melepaskan diri dari belenggu VOC Kabupaten Banyuwangi sendiri memiliki .

Julukan yang cukup banyak yakni ada the sunrise of Java bumi Blambangan .

Di kota Osing kota santet kota Gandrung kota .

Banteng kota pisang serta kota festival Kabupaten Banyuwangi selain menjadi perlintasan dari Jawa ke Bali juga merupakan daerah pertemuan berbagai jenis kebudayaan dari berbagai wilayah budaya masyarakat Banyuwangi diwarnai oleh budaya Jawa Bali Madura Melayu Eropa Arab Tionghoa dan budaya lokal atau budaya Osing itu sendiri yang saling isi mengisi dan akhirnya menjadi tipikal yang tidak ditemui di wilayah manapun di Pulau Jawa Kabupaten Banyuwangi sendiri juga memiliki batik yang disebutsebut sebagai jati diri bangsa Indonesia yang tak lagi diragukan keberadaannya memang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia khususnya orang jawa bagi Hai motifmotif nya pun . Terinspirasi tak jauh dari kehidupan seharihari Begitu juga dengan Banyuwangi memiliki beberapa motif yang terkenal yaitu motif gajah Oling motif paras gempal motif sekarjagad motif kangkung setingkes serta motif mata ayam jenis batik tadi. merupakan sebagian dari motif batik khas banyuwangi yang masih hidup dan berkembang di kalangan masyarakat setempat . hai. hai.

BACA JUGA:   Rumah Makan Pawon: Sajian Kuliner Khas Jawa Tengah













Also Read

Bagikan: