8 Rekomendasi Kabupaten Halmahera Selatan

Hairyanto Dongoran

pemanfaatan potensi daerah ia bersabar Timur Indonesia. Halmahera Selatan 2013 MB magnet Hai luas wilayah Kabupaten Halmahera Selatan adalah 40263 koma 72 km2 yang terdiri dari. daratan seluas 8779 com32 km2 yaitu 22 persen dan luas. lautan sebesar 31400 8440 km2 yaitu 78 persen. Kabupaten Halmahera Selatan terdiri atas 30 Kecamatan dan 249 Desa jumlah . Penduduk Kabupaten Halmahera Selatan tahun 2020 sebanyak. 252784 dengan jumlah KK sebanyak 60 2872. Hai sejarah Kabupaten Halmahera Selatan . Berawal dari sejarah tentang jazirat almulk Catatan sejarah tentang Jazirah twill Jabal . Mulku berlanjut dengan kemunculan Kesultanan moloku . Kie Raha atau Kesultanan 4 gunung di Maluku yang terdiri dari kesultanan Ternate kesultanan Tidore kesultanan jailolo kesultanan bacan Terdapat lima suku besar mendominasi dataran kepulauan di Kabupaten Halmahera Selatan yaitu suku . Tobelo galela suku. Makian kayoa suku Buton suku bacan dan . Suku Bajo Adapun suku dan etnis yang berdomisili di Kabupaten Halmahera Selatan terdapat 13 at bada Dinas .

Pendidikan Kabupaten Halmahera Selatan dilihat dari fasilitas sekolah . Pada tahun 2019 jadi 2 akb49 desa Kabupaten Halmahera Selatan tercatat 257 Paud atau Taman kanakkanak 319 Sekolah Dasar atau SD sederajat . 160 sekolah menengah pertama atau SMP sederajat Kabupaten Halmahera Selatan mempunyai sarana transportasi udara dengan nama bandar udara Usman Sadiqah kondisi saat ini bener Usman sadiq memiliki fasilitas . Antara lain .

Ran Wei 1650 kali 30 M2 kemampuan operasi ATR. 72500 atau 600 punthuk transportasi. darat dan laut sudah memiliki sarana dan prasarana . Yang memadai selain itu juga terdapat pelabuhan penyeberangan yaitu pelabuhan penyeberangan Babang saketa hobby kayoa Makian. dikarenakan Kabupaten . Halmahera Selatan adalah .

BACA JUGA:   Favorit 15 Wisata Gunung Merbabu

Gugus Pulau ada beberapa rute . Transportasi yang bisa dipilih baik melalui transportasi laut maupun transportasi . Udara untuk menuju Kabupaten Halmahera Selatan tepatnya di ibukota kabupaten yaitu kota labuha. transportasi laut memiliki tiga rute yaitu Kota Ternate tepatnya dari rute Pelabuhan bastiong menuju pelabuhan Babang Kota .

Ternate tepatnya dari rute Pelabuhan bastiong . Menuju pelabuhan kupal dan Kota Ternate tepatnya dari rute pelabuhan kapal Ferry bastiong menuju pelabuhan ferry sayoang sedangkan transportasi udara memiliki rute dari Bandara . Sultan Babullah Ternate menuju bandara Usman shaadi di dalam penanggulangan bencana Kabupaten Halmahera Selatan memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang . Dimana . Telah siap menangani bencana ketika sebelum saat dan pasca bencana. dengan memanfaatkan satuan . Tugas yaitu pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana atau pusdalops PB dan tim reaksi cepat . Atau TRC kemudian. terdapat juga badan meteorologi klimatologi dan geofisika yang menyediakan informasi cuaca . Iklim dan gempa bumi dalam urusan ketertiban dan keamanan wilayah .

Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan mempunyai aparatur penegak peraturan daerah dan didukung oleh tentara nasional Indonesia serta Polisi Republik Indonesia dalam menjaga wilayah Kabupaten Halmahera Selatan sehingga dapat menciptakan rasa aman bagi masyarakat Hai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan fasilitas kesehatannya mengalami peningkatan salah satu indikator . Kesehatan dapat

Also Read

Bagikan: