Tips Belanja di Hong Kong

Jayadi Sitorus

Hong Kong adalah salah satu destinasi belanja terbesar di dunia. Banyak turis yang datang ke sini khususnya untuk berbelanja. Ada berbagai jalan-jalan perbelanjaan yang bisa kita kunjungi, seperti Causeway Bay, Tsim Sha Tsui, Mongkok, dan masih banyak lagi. Namun, agar belanja kita di Hong Kong lebih maksimal, ada beberapa tips yang bisa kita perhatikan.

Rencanakan Rute Belanja

Sebelum berangkat ke Hong Kong, sebaiknya kita sudah merencanakan rute belanja yang akan kita kunjungi. Jangan sampai kita terlalu banyak berputar-putar mencari toko yang kita cari. Usahakan mencari informasi terlebih dahulu tentang nama toko atau jalan-jalan perbelanjaan yang ingin kita kunjungi dan membawa peta agar lebih mudah mencarinya.

Pilih Waktu yang Tepat

Tentunya waktu liburan yang ideal antara satu orang dengan yang lainnya berbeda-beda, tergantung pada waktu luang dan kebutuhan masing-masing. Namun, waktu terbaik untuk belanja di Hong Kong adalah antara bulan Oktober hingga sampai Maret. Pada saat itulah toko-toko akan memberikan diskon besar-besaran sebagai bagian dari acara Winter dan Chinese New Year Sale. Jika ingin berbelanja di Golden Week Festival di bulan Oktober, harus siap dengan kerumunan orang.

Carilah Diskon dan Penawaran yang Baik

Jangan ragu untuk menawar harga barang yang kita inginkan. Cara terbaik untuk mendapatkan diskon adalah dengan mengunjungi toko ketika toko tersebut akan tutup. Tentu kita harus bersabar karena kita tidak satu-satunya pengunjung yang sedang mencari diskon. Kita juga bisa menemukan diskon dan penawaran yang baik di pasar Malam.

BACA JUGA:   Tips Belanja di Pasar Sukawati Bali

Pilihlah Toko yang Diharapkan Menjual Barang yang Sesuai dengan Anggaran

Ketahui, Hong Kong terkenal dengan barang-barang yang trendy. Jangan hanya terpaku pada barang-barang yang tren saja, namun tetap menjaga seberapa mendalam pengeluaran kita dalam berbelanja di Hong Kong. Secara umum, harga barang di Hong Kong lebih tinggi daripada di toko yang ada di Indonesia, terutama barang-barang branded. Oleh karena itu, kita harus membandingkan harga antara toko satu dengan yang lainnya.

Pelajari Cara Berbahasa Cantonese

Kita bisa mempelajari dasar-dasar bahasa Cantonese yang memungkinkan kita mengerti dan bisa berkomunikasi dalam berbelanja. Pastikan kita punya informasi dasar arti harga, angka, belanja, dan ucapan seperti complement bisa membantu kita saat berbelanja.

Pilihlah Hotel Dekat Jalan-Jalan Belanja

Pilihlah hotel yang dekat dengan jalan-jalan perbelanjaan yang ingin kita kunjungi. Hal ini akan mempermudah kita untuk berbelanja di jalan-jalan perbelanjaan tersebut. Ada banyak pilihan hotel dekat jalan belanja, atau kita bisa mencari yang budget-friendly untuk menghemat pengeluaran kita.

Gunakan Kartu Kredit yang Memberikan Diskon

Ada beberapa bank yang memberikan diskon di Hong Kong ketika kita menggunakan kartu kredit mereka. Cari tahu dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya promo-promo yang diberikan. Kartu kredit juga sangat berguna untuk penggemar belanja online.

Ini dia tips belanja di Hong Kong yang bisa kita perhatikan. Selalu ingat untuk menjaga keseimbangan antara memenuhi kebutuhan kita dalam berbelanja, dengan budget yang kita miliki. Happy shopping!

Also Read

Bagikan: