Terbaik Wisata Gunung Panderman Dengan 4 Foto

Dimaz Nainggolan

saya dan bilang menuju Gunung Panderman kebetulan pos perizinan tidak jauh dari dan situ sore mulai datang dan hampir. sampai di Pos perizinan sembari membeli logistik yang belum terbawa kita menunggu satu teman yaitu Azis yang adalah teman kerja gila dan logistik sudah terbeli kita bertiga menuju pos perizinan gunung Panderman lokasi pos. perijinan gunung Panderman sama dengan pos .

Perizinan gunung butak dan seperti yang saya pernah bikin di Gunung butak itu aturannya masih sama motor . Matic tidak boleh di bawah sampai ke atas karena jalan pulang menurun banget dan sangat panjang sehingga dikhawatirkan rem blong Ketika . Pakai matic makanya kalian naik . Ojek . Dengan harga 15000 dan parkir motor 5000 . Per malam setelah sampai pos. perizinan sangat ramai orangorang turun baik dari Panderman atau gunung butak maklum kita naik hari Minggu sore pas banget ketika orangorang mau pulang . Istirahat sebentar menikmati bakso dan mengurus registrasi sebesar 15000 per .

Orang dan Kalau mau parkir motor di sini di atas tuh itu 5000 juga seorang dan sudah 05.00 akhirnya kita . Berangkat. mereka awal tujuan kita adalah latar Ombo Jalan landai awal cocok untuk pemanasan tapi harus hatihati karena banyak sekali Jalan bercabang Steve ah jalan menuju Gunung butak atau jalan yang tembus ke perkebunan warga jadi oh pos perizinan dan basecamp awal gunung buta itu gabung sama . Eh Panderman dan gunung buta itu bareng gabung gitu tapi nanti ada pertigaan yang kalau kanan itu ke buta kalau kiri itu ke. Panderman kalian tinggal ikutin arahan. yang ada di . Pohon aja semua tandatandanya rambut mulai datang dan. kami mulai kebingungan karena . Banyak jalan menuju ke Panderman yang ditutup dan ternyata kita baru sadar bahwa sekarang sudah dibuka trek baru pintu masuk khusus untuk ke gunung Panderman Hai itu pun . Kita sadar karena lihat foto di HP Azis akhirnya kita turun kembali dan naik lagi lewat trek baru menuju latar ombos trek baru ini kita melewati. perkebunan warga yang landai andai saja tidak kabut pasti pemandangan di sisi kiri akan tampak bagus tapi tak apa kita bertiga fokus mengatur nafas . Dan menapak kaki karena trek landai sebentar jalanan jacket dan panjang menyambut didepan mata . Beberapa kali berhenti dan. menikmati pemandangan menjadi pilihan karena telah menanjak cukup . Panjang trek terbuka menyuguhkan keindahannya tapi tak berselang lama Matahari mulai redup pertanda kita pergi ke harus Jalan Kembali sebelum langit semakin gelap dan akhirnya kita sampai di latarombo 06.00 Sesampainya di latarombo. kita mendirikan tenda dan menginap disini karena seperti namanya latar Ombo. memiliki lahan luas dan nyaman untuk ngecamp dan setelah masamasa ngobrol sebentar .

BACA JUGA:   Tempat Wisata di Bali yang Sejuk: Menikmati Keindahan Alam Bali dengan Nyaman

Kita segera tidur karena besok pagi masih ada perjalanan yang harus kita tempuh kembali . 2006 Hai tidur nyenyak terlaksanakan copy sudah disruput dan mentari sudah menyambut saatnya kita lanjutkan .

Perjalanan tepat jam lima kita . Berangkat. tujuan kita selanjutnya adalah watugede keluar dari latarombo langsung disuguhkan trek menanjak secara konsisten untungnya barangbarang kita tinggal di tenda . Jadi lumayan mengurangi beban ya Meskipun beban hidup tablah berat apalagi beban masa lalu . Enggak sih. biasa hanya dan setelah nanjak olahraga. pagi akhirnya kita sampai 5.30 kita. sampai gede disini tempat cukup luas untuk ngecamp jadi . Buat kalian yang ingin mendirikan tenda di sini juga .

Bisa sih. setelah waktu gede tujuan kita selanjutnya adalah puncak Panderman sedikit tanah landai menjadi bonus karena selanjutnya trek makin menanjak lagi dan lebih panjang dari sebelumnya sembari mengatur nafas dan istirahat sebentar kita berjalan santai menuju puncak dan sebelum Puncak kita akan menemukan tanah terbuka dan menyuguhkan pemandangan Pagi yang indah sekali disini tanah cukup luas untuk mendirikan tenda tapi sepertinya cukup berbahaya jika angin kencang selain tanah yang terlalu terbuka juga posisinya di Ting jurang lebih . Kita terus berjalan. kadang Jalan menanjak panjang kadang landai dan menyuguhkan pemandangan yang indah sekali kadang . Juga trek lebat yang harus merunduk dan di .

Beberapa . Track kita .

Juga sempat berpapasan .

Dengan gerombolan monyet kalian kalau kesini silahkan berhatihati Dan tolong jangan diberi makan karena itu akan membuat mereka kurang Mandiri . Dan kedepan akan minta makan terus ke pendaki lain jalan saja santai jangan panik Tetap tenang dan setelah berjalan akhirnya .

07.00 kita. sampai di Puncak hai. Hai gunung Panderman Puncak basundara. 2000 meter di atas permukaan laut dari ketinggian sini terhampar lautan awan yang indah menawan bersama para penghuni hutan lain seperti monyet pohonpohon dan ribuan hewan lain yang bisa kita lihat atau tidak besar atau kecil serasa. kita menyatu dengan alam dan merasa. menyatu dengan alam berarti belajar bertahan namun tidak melawan menjadi pengayom dan tidak menebar ketakutan apalagi .

BACA JUGA:   Wisata Alam Indah di Bali

Melakukan kerusakan .

Karena kita adalah bagian dari alam karena semua. sudah punya kodrat dan ketetapannya kita hanya ambil peran dan mengusahakan yang terbaik untuk dilakukan Semoga kita adalah wayang yang benarbenar mengemban amanah dari dalang Hai saya Aamir Ahmad Terima kasih sudah menonton . Ini seperti biasa jangan lupa Budal ta.