Memukau 13 Setu Babakan, Jagakarsa

Vicky Astuti

sering didengar di   telinga sebagai tempat wisata yang  memiliki sejarah kebudayaan Betawi,   namun bagi warga luar Jakarta tempat wisata  ini masih asing karena kalah populer dari   tempat wisata lainnya seperti Taman Mini  Indonesia Indah . Dan Taman Impian Jaya Ancol tujuan utama dibuatnya tempat wisata ini  adalah untuk melestarikan kebudayaan asli   Betawi yang semakin lama semakin terpinggirkan meskipun berada di tengah kota  desa wisata perkampungan budaya   Betawi ini masih memiliki ruang terbuka hijau siapapun .

Bisa menikmati hari  sambil .

Bersepeda air ditengah Danau  tempat ini dikenal dengan danau Setu Babakan bagi pengunjung yang memiliki hobi mancing  bisa mencoba peruntungannya di . Setu Babakan,   pengunjung .

Bisa memancing secara gratis Tempat lainnya dari Setu Babakan  ini adalah wisata kuliner  banyak sekali aneka .

Makanan khas Betawi yang  dijajakan oleh para penjual yang ada di pinggir   danau, di sepanjang jalan yang melingkari  Setu Babakan diantaranya adalah kerak telur,   toge goreng, laksa, soto betawi, soto  tangkar, gadogado, asinan betawi,   gabus pucung, semur jengkol, dodol  betawi dan es Selendang Mayang  soto betawi merupakan salah satu jenis  soto khas Betawi yang paling banyak   digemari yang terbuat dari .

Santan kelapa  . Berisikan daging sapi dan atau jeroan sapi  hari ini kami mencoba bir pletok yaitu  minuman khas masyarakat Betawi yang sudah   populer sejak zaman . Kolonial Belanda dibuat  dari godokan 13 macam . Rempah yaitu jahe,   jahe merah, serai , kunyit, Kayu Manis,  lada hitam dan rempahrempah . Lainnya yang cukup banyak .

Penggemarnya adalah kerak  telor yaitu makanan asli daerah Jakarta   dengan bahanbahan beras ketan, putih, telur ayam  atau telur bebek, Ebi dan bumbu rempah lainnya ada banyak jenis dodol yang ada di  Indonesia selain dodol Garut ada juga   dodol betawi yang tidak kalah terkenal,  dan enaknya dodol yang . Memiliki warna   coklat agak .

BACA JUGA:   Wisata guci terbaru jembatan kaca

Kehitaman ini memiliki rasa yang  .

Sedikit berbeda dengan dodol daerah lainnya  bahan baku dari pembuatan dodol ini  antara lain ketan, gula merah, gula pasir,   santan .

Yang mana semua bahan tersebut harus  .

Dimasak diatas .

Tungku dengan kayu bakar atau gas  proses memasaknya diperkirakan kurang  lebih selama delapan jam pemilihan   bahanbahan yang bagus dapat membuat  dodol terasa legit dan . Tahan lama makanan yang satu ini tentu tidak asing  lagi dan tidak sulit dicari karena banyak   ditemui di pinggir jalan Jakarta berbahan  dasar mie kuning tauhid dan daun kucai   yang dimasak diatas nampan dan sedikit air  yang selanjutnya disiram dengan saus kacang es Selendang .

Mayang merupakan minuman  khas Betawi .

Yang isinya mirip seperti   puding . Atau kue . Lapis yang terbuat dari  tepung sagu Aren , .

Lapisan Selendang Mayang   terdiri dari warna putih yang berasal  dari santan dan merah muda atau hijau demikian kita kali . Ini di   selanjutnya kita masih berada di Setu   Babakan dengan berkunjung . Ke Museum Betawi  .

Dan mencoba kliner masakan Betawi lainnya














Also Read

Bagikan: