Tips Belanja di Jeddah

Kiandra Zulaika

Jeddah adalah kota terbesar di Arab Saudi dengan banyak tempat wisata yang menarik. Salah satu kegiatan yang tak bisa dilewatkan saat berlibur ke Jeddah adalah berbelanja. Bagi para pengunjung yang baru pertama kali mengunjungi Jeddah, berbelanja bisa menjadi tantangan tersendiri. Tapi jangan khawatir, di sini kami akan memberikan tips-tips belanja di Jeddah agar kamu bisa berbelanja dengan nyaman dan hemat.

Pilih Waktu yang Tepat untuk Berbelanja

Salah satu tips berbelanja di Jeddah yang pertama adalah memilih waktu yang tepat untuk berbelanja. Jangan pernah berbelanja saat cuaca sedang sangat panas, karena dengan suhu yang tinggi, kamu akan merasa lelah dan berkeringat banyak. Sebaiknya kamu mulai berbelanja saat pagi hari atau malam hari. Di pagi hari, cuacanya masih sejuk sehingga kamu bisa berbelanja dengan nyaman. Sedangkan di malam hari, suasana sekitar lebih nyaman dan tenang serta cahaya yang terang membuatmu bisa melihat barang belanjaan dengan lebih jelas.

Jangan Lupa Membawa Uang Tunai

Walaupun di Jeddah sudah banyak toko atau mal yang menerima pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit, ada baiknya jika kamu membawa uang tunai. Banyak toko di Jeddah menawarkan diskon besar-besaran jika kamu membayar dengan uang tunai. Selain itu, uang tunai juga bisa membantumu membatasi pengeluaran sehingga tidak terlalu boros dan bisa berbelanja dengan hemat.

Lacak Harga Sebelum Membeli

Tips selanjutnya adalah mencari informasi harga sebelum kamu membeli barang. Jangan langsung membeli di toko yang kamu kunjungi, tapi lakukan survei ke beberapa toko atau mal terlebih dahulu untuk melihat harga yang ditawarkan. Dengan cara ini kamu bisa membandingkan harga dan membeli barang dengan harga yang murah. Jika kamu tidak ingin repot, kamu dapat mencari informasi harga di website resmi toko atau mal tersebut.

BACA JUGA:   Tips Belanja di Hong Kong

Jangan Takut Tawar Menawar

Tip selanjutnya adalah jangan takut untuk menawar harga barang. Menawar merupakan hal yang umum dilakukan di Jeddah. Tentunya kamu bisa menawar harga hanya jika barang yang ingin kamu beli memiliki harga yang lumayan mahal. Jika kamu jeli dan pandai menawar, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan bisa berbelanja dengan hemat.

Belanja pada Saat Sale

Jika kamu ingin berbelanja barang dengan harga murah, sebaiknya datang saat musim sale. Pada saat musim sale, banyak toko di Jeddah yang menawarkan potongan harga besar-besaran pada barang-barang yang dijual. Kamu bisa memanfaatkannya untuk berbelanja barang dengan harga yang lebih murah dan bisa menghemat pengeluaran.

Belanja di Souq

Souq adalah tempat berbelanja yang sangat terkenal di Jeddah. Di sini, kamu bisa membeli berbagai barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan di toko modern. Selain itu, kehangatan dan kenyamanan yang ada di souq membuatmu bisa berbelanja dengan nyaman. Meskipun barangnya sudah lama atau bekas, namun masih banyak yang berkualitas dan sebagian besar masih bisa digunakan dengan baik.

Pilih Tempat Berbelanja yang Strategis

Terakhir, pilihlah tempat berbelanja yang strategis dan mudah diakses. Sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari toko atau mal yang ingin kamu tuju. Kamu bisa memilih toko atau mal yang terdapat di pusat perbelanjaan atau di dekat tempat berwisata yang kamu kunjungi. Hal ini juga akan membantumu menghemat waktu saat berbelanja di Jeddah.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa tips belanja di Jeddah yang bisa kamu terapkan saat berlibur ke sana. Ingat, belanja bukanlah suatu kewajiban, namun keputusanmu. Maka dari itu berbelanja dengan bijak dan jangan sampai menghabiskan uang secara tidak perlu. Semoga tips-tips di atas dapat membantumu menikmati liburan di Jeddah dengan lebih menyenangkan dan hemat budget. Selamat berbelanja!

Also Read

Bagikan: