Tips Belanja untuk Persiapan Diet

Kiandra Zulaika

Dalam perjalanan kita mencapai tujuan menuju gaya hidup sehat, kita seringkali menghadapi masalah dalam mencari makanan sehat yang tersedia di pasaran. Tanpa persiapan yang tepat, kemungkinan kita dapat termakan makanan yang tidak sesuai dengan pola makan yang kita inginkan.

Berikut ini adalah beberapa tips belanja yang berguna untuk persiapan diet Anda:

Buat daftar belanja

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum pergi belanja adalah membuat daftar belanja. Daftar belanja akan membantu Anda membeli hanya barang-barang yang diperlukan dan menghindari ketidakseimbangan nutrisi yang tidak diinginkan. Pastikan Anda menuliskan semua bahan makanan yang Anda butuhkan dalam daftar belanja Anda.

Pilih bahan makanan segar

Bahan makanan segar mengandung lebih banyak nutrisi dan lebih sedikit pengawet dibandingkan dengan bahan makanan yang sudah dikemas dalam kemasan. Saat berbelanja, pastikan Anda memilih bahan makanan yang segar dan berkualitas, seperti buah-buahan, sayuran, dan daging yang segar.

Hindari makanan olahan

Makanan olahan memiliki kandungan natrium dan kalori yang tinggi, dan biasanya rendah serat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Sebaiknya hindari makanan olahan seperti soda, makanan cepat saji, cemilan, dan makanan yang sudah diawetkan atau diasinkan.

Pilih karbohidrat dan protein yang tepat

Karbohidrat dan protein merupakan nutrisi penting yang harus dipertimbangkan saat berbelanja. Pilihlah karbohidrat dari biji-bijian utuh, seperti roti gandum atau nasi merah yang mengandung serat dan nutrisi penting, dan pilih protein dari sumber makanan yang rendah lemak, seperti ayam, ikan, telur, atau tahu.

Cari alternatif yang sehat

Saat sedang di supermarket, pastikan Anda memeriksa label makanan pada kemasan produk yang ingin Anda beli. Cari alternatif yang lebih sehat, seperti minyak zaitun sebagai pengganti minyak kelapa atau mentega, atau susu almond sebagai pengganti susu sapi. Selalu perhatikan informasi nutrisi pada label produk, yang mengandung jumlah lemak, natrium, gula, dan nutrisi penting lainnya.

BACA JUGA:   Cara Belanja di eBay Gratis Ongkir

Pertimbangkan buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran harus menjadi bagian penting dalam pola makan sehat. Cari sayuran yang bertekstur dan berwarna cerah seperti brokoli, paprika, atau bayam yang kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya. Pilih juga buah-buahan yang tahan lama dan mudah dibawa di dalam tas, seperti apel, jeruk, atau pisang sebagai camilan sehat.

Batasi kandungan gula dan lemak

Batasi konsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak berlebih. Pilih makanan yang rendah gula dan lemak, seperti roti gandum, daging rendah lemak, dan sereal yang tidak mengandung gula tambahan. Jika membeli sesuatu yang manis, carilah alternatif yang sehat, seperti madu alami atau sirup maple.

Belanja dengan perut kenyang

Tidak disarankan untuk berbelanja dengan perut kosong, karena Anda dapat tergoda untuk membeli makanan yang tidak sehat atau impulsif. Belanja dengan perut kenyang dapat membantu Anda membeli hanya barang-barang yang dibutuhkan.

Dengan menerapkan tips belanja yang tepat, Anda dapat berbelanja dengan mudah dan lebih efektif untuk persiapan hidup sehat. Ingatlah untuk selalu memperhatikan informasi nutrisi dan memilih bahan makanan segar sebanyak mungkin!

Also Read

Bagikan: