Tips untuk Aman dalam Belanja Online

Xanana Firmansyah

Belanja online semakin menjadi trend di tengah kehidupan modern. Banyak orang memanfaatkan kemudahan akses internet untuk memenuhi kebutuhan atau membeli barang yang diinginkan. Namun, di sisi lain, kejahatan online juga semakin meningkat. Oleh karena itu, sebagai konsumen yang pandai, kita harus tahu tips untuk aman dalam belanja online. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna.

Pasword yang Aman

Memilih password yang kuat adalah hal pertama yang harus diperhatikan saat akan belanja online. Pastikan password yang digunakan memiliki kombinasi huruf, angka dan tanda baca. Usahakan jangan memakai password yang sama dengan akun lain yang dimiliki. Dan pastikan mengganti password secara berkala agar tidak mudah untuk diretas oleh pelaku kejahatan online.

Perkaya Keamanan Akun

Perkaya keamanan akun dengan melengkapi informasi dan membuka fitur verifikasi dua langkah bisa menjadi upaya yang efektif dalam memperkuat keamanan akun kita. Verifikasi dua langkah membuat penggunaan akun lebih aman, karena memerlukan verifikasi melalui kode yang dikirim ke nomor ponsel atau alamat email tertentu. Hal ini membuat akun kita lebih sulit untuk diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Belanja hanya di Situs yang Terpercaya

Pastikan untuk selalu belanja di situs yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Banyak situs yang menawarkan harga yang sangat menggiurkan, namun seringkali penawaran tersebut hanya modus untuk memancing korban yang mudah terkecoh. Sebelum belanja pastikan Anda telah mengecek ulasan dari pengguna atau review situs belanja online yang diincar.

Pastikan Adanya Sertifikat Keamanan SSL

Sitelah situs belanja online yang memiliki sertifikat keamanan SSL. Sertifikat ini berfungsi untuk melindungi data pribadi, seperti nomor kartu kredit, dan data transaksi lainnya dari pelaku kejahatan online. Dalam situs yang aman, kita akan melihat adanya tanda gembok pada status bar browser atau alamat situs yang dimulai dengan "https" bukan "http".

BACA JUGA:   Apa Perbedaan Antara Pengunjung dan Wisatawan?

Periksa metode pembayaran yang tersedia

Pastikan metode pembayaran yang disediakan aman dan terpercaya. Pilihlah metode pembayaran yang dirasa paling aman, seperti e-wallet atau internet banking, agar transaksi lebih terjamin. Pastikan juga bahwa situs belanja menyimpan data transaksi pengguna dengan aman dan terlindungi.

Jangan Memberikan Informasi Pribadi yang Tidak Perlu

Hindari memberikan informasi pribadi yang tidak diperlukan seperti alamat rumah, nomor identitas atau nomor rekening bank jika tidak dibutuhkan. Informasi tersebut bisa dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan online untuk melakukan penipuan atau kejahatan lainnya.

Gunakan Perangkat yang Aman

Pastikan perangkat yang digunakan untuk melakukan transaksi online aman. Hindari mengakses situs belanja online dari perangkat publik atau menggunakan jaringan wifi yang tidak aman. Pastikan juga untuk menginstal aplikasi antivirus pada perangkat yang digunakan untuk belanja online.

Cek Ulang Informasi Transaksi sebelum Menyerahkan Data Pribadi

Setelah melakukan transaksi belanja online, pastikan untuk mengecek ulang informasi transaksi Anda sebelum memberikan data pribadi seperti nomor kartu kredit atau password. Pastikan juga bahwa nomor rekening dan nama akun penerima uang sudah benar dan sesuai dengan yang diinginkan.

Dengan menerapkan tips untuk aman dalam belanja online, kita dapat melindungi diri sendiri dari ancaman kejahatan online. Tetap waspada dan bijak dalam melakukan transaksi belanja online agar pengalaman belanja online menjadi lebih aman dan menyenangkan.

Also Read

Bagikan: