Wisata Jogja Ala Eropa: Serunya Jelajah Kota Pelajar dengan Nuansa Eropa

Hani Laksmiwati

Jogja memang tak pernah kehabisan ide untuk menarik wisatawan ke kota ini, salah satunya dengan memadukan unsur-unsur budaya Eropa ke dalam objek wisata. Ada banyak wisata Jogja ala Eropa yang bisa kamu kunjungi, mulai dari di daerah Kota Gede hingga Kulon Progo. Nah, kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai destinasi wisata Jogja ala Eropa yang wajib kamu kunjungi.

Castle of the Dutch

Destinasi wisata Jogja ala Eropa pertama yang wajib kamu kunjungi ialah Castle of the Dutch. Berlokasi di Jalan Srigading 2, Kotagede, Castle of the Dutch menawarkan nuansa klasik Eropa yang begitu kental. Bangunan tua peninggalan Belanda di tahun 1862 ini memang sangat terawat dan dijadikan sebuah museum mini tentang sejarah bangunan ini dan di dalamnya terdapat 4 kamar tidur dengan interior khas Belanda, seperti kursi-kursi bergaya Victoria dan adanya cekungan air.

Tak hanya berfoto-foto dengan nuansa klasik dan keren ala Eropa, kamu juga bisa membeli beberapa souvenir seperti kaos, topi, barang-barang aksesoris dan lain-lain yang memang sangat khas Eropa.

Warung Pasta

Sudah bosan dengan wisata Jogja dengan nuansa Eropa yang identik dengan tampilan klasik dan bangunan tua? Kamu juga bisa menikmati kuliner Eropa di Warung Pasta yang berlokasi di Jalan Tirtodipuran no.13, Mantrijeron. Warung Pasta menyajikan menu-menu western yang tidak kalah lezatnya dengan restoran western di kota-kota besar.

Hamparan sajiannya yang menarik dan bervariasi, mulai dari spaghetti, lasagna, pizza, dan masih banyak lagi. Biasanya restoran ini penuh dan ramai pada saat weekend, jadi pastikan kamu datang lebih pagi.

Hutan Pinus Pengger

Nah, wisata Jogja ala Eropa yang berikutnya adalah pengalaman camping dan hiking di Hutan Pinus Pengger. Terletak di Kabupaten Kulon Progo, hutan pinus yang memiliki udara sejuk dan segar ini tentu sangat menenangkan dan cocok bagi kamu yang ingin melepas penat dan stres.

BACA JUGA:   Memukau 12 Rekomendasi Ocean Eco Park

Selain camping dan hiking, kamu bisa berfoto-foto yang menarik di antara hamparan pinus yang rindang. Jangan lupa kesini saat musim kemarau, karena selama musim penghujan, jalan menuju hutan pinus yang berbatu ini relatif licin.

The Kalasan Temple

Wisata Jogja ala Eropa yang selanjutnya adalah The Kalasan Temple. Terletak di Jalan Solo km 11,5, Kalasan, The Kalasan Temple adalah sebuah situs purbakala yang berciri khas architektur Hindu-Buddha. Di tengah kawasan wisata yang ramai, situs ini memang menjadi oasis tenang dan bisa menjadi tempat untuk bersantai dan merenung.

Seperti tempat-tempat rekreasi di Eropa, The Kalasan Temple juga sangat populer di kalangan wisatawan luar negeri. Jadi kamu bisa merasakan suasana yang sedikit berbeda dengan kebanyakan wisata di Jogja.

Keraton Yogyakarta

Terakhir, wisata Jogja ala Eropa yang tak boleh terlewatkan adalah Keraton Yogyakarta. Meski bukan bangunan bertingkat, namun ciri khas Keraton Yogyakarta yang berada di tengah kota ini tak kalah dengan beberapa bangunan kuno yang ada di Eropa.

Kamu bisa mengeksplorasi keraton yang dibangun pada abad ke-18 ini dengan pemandu wisata yang disediakan. Cobalah merasakan kembali kehidupan para Sultan Jogja pada masa lampau. Selain itu, kamu juga bisa menikmati seni tari dan musik khas Jawa di lingkungan keraton.

Kesimpulan

Itulah lima wisata Jogja ala Eropa yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Jogja. Kamu bisa merasakan kekayaan arsitektur dan budaya bangsa eropa dari objek wisata yang ada di Jogja. Tunggu apa lagi, segeralah bersama teman atau keluarga kamu berkunjung ke Jogja dan nikmati wisata Jogja ala Eropa sesuai gaya kamu!

Also Read

Bagikan: