Wisata Sawah Jogja: Menikmati Keindahan Alam Kota Yogyakarta

Jelita Anggraini

Jogja, kota yang terkenal dengan budayanya yang kaya dan pemukiman yang cukup padat. Di tengah kota yang sedang berkembang ini, ada wisata alam yang masih alami dan menarik untuk dikunjungi, yaitu wisata sawah Jogja. Kunjungan ke wisata sawah memberikan pengalaman unik yang jarang didapatkan di tempat lain.

Keindahan Wisata Sawah Jogja

Sawah Jogja diresmikan pada tahun 2015, terletak di Desa Berbah, Sleman. Wisata ini berdiri di atas lahan seluas 6,5 hektar dan dikelilingi perbukitan jajaran Merapi yang indah. Terdapat teras-teras sawah yang membentang luas dan bisa dijamah oleh pengunjung. Pemandangan disana sangat indah dan menenangkan, alih-alih jenuh dengan suara kendaraan bermotor, wisatawan disuguhi keindahan sawah yang asri.

Wisata sawah Jogja memiliki banyak spot foto yang menarik. Pengunjung bisa bergaya di tengah sawah-sawah hijau yang menyejukkan mata atau di tengah bunga-bungaan yang berwarna-warni. Selain itu, wisatawan dapat menjelajahi persawahan dengan naik sepeda atau mengendarai kuda dan menikmati udara segar di tengah alam yang masih alami.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Sawah Jogja

Tidak hanya menikmati keindahan pemandangan, wisatawan juga bisa menikmati beberapa aktivitas di wisata sawah Jogja seperti:

1. Bersepeda

Wisata sepeda di Wisata Sawah Jogja cukup menarik, di sekitar area wisata terdapat jalur yang cukup terawat untuk bersepeda. Harap bersiap untuk melihat hijaunya sawah yang menakjubkan.

BACA JUGA:   Memukau 15 Pasar Seni Ancol Foto Yang Menakjubkan

2. Naik Kuda

Untuk wisatawan yang tidak ingin capek bersepeda, mereka dapat menikmati keindahan sawah sambil mengendarai kuda. Biaya sewa kuda di wisata sawah cukup terjangkau.

3. Menikmati Makanan Khas

Wisatawan juga dapat menikmati makanan khas daerah setelah lelah beraktivitas. Terdapat warung-warung makanan yang menyajikan makanan enak khas Jogja seperti gudeg, bakpia, wedang jahe, dan masih banyak lagi.

4. Belajar Bertani

Wisatawan dapat belajar tentang tanaman yang ditanam di sawah dan juga teknik bertani. Dalam aktivitas ini, wisatawan akan diajarkan cara bertani dan merawat tanaman dengan benar.

Fasilitas di Wisata Sawah Jogja

Wisata Sawah Jogja menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan wisatawan, antara lain:

1. Ruang Istirahat

Bagi wisatawan yang ingin beristirahat sesaat setelah berkeliling, disediakan ruang istirahat yang bersih dan nyaman.

2. Toilet

Toilet di Wisata Sawah Jogja cukup bersih dan terawat.

3. Parkir kendaraan

Untuk kendaraan pribadi, tersedia lahan parkir dengan tarif yang cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk Wisata Sawah Jogja

Harga tiket masuk ke wisata sawah Jogja cukup terjangkau, yaitu Rp 30.000/orang. Dalam harga tiket tersebut, sudah termasuk sewa sepeda.

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Sawah Jogja

Wisata Sawah Jogja terletak di Desa Berbah, Sleman. Untuk menuju ke wisata sawah Jogja, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

  • Dari Yogyakarta, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taxi online, lalu menuju ke arah Jalan Kaliurang. Setelah melewati Jalan Kaliurang, wisatawan akan menemukan perempatan Alun-Alun Seturan. Lalu, belok kiri dan lurus sampai menemukan persimpangan pedukuhan nampu. Belok kanan dan ikuti jalan hingga sampai di wisata sawah Jogja.
  • Wisatawan juga dapat menggunakan transportasi umum dengan naik angkutan kota nomor 4 dari terminal Giwangan. Turun di halte ponjo, kemudian naik angkutan pedesaan atau ojek menuju Wisata Sawah Jogja.
BACA JUGA:   Harga tiket bukit cinta anti galau

Kesimpulan

Tak hanya terkenal dengan budayanya yang kaya, Jogja juga menawarkan keindahan alam yang masih asri dan menenangkan, yaitu wisata sawah Jogja. Wisata Sawah Jogja menawarkan keindahan sawah yang hijau dan menenangkan, serta berbagai aktivitas bernuansa alam. Terdapat banyak fasilitas yang disediakan untuk kenyamanan wisatawan. Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Jogja sekaligus ingin belajar mengenai pertanian, maka wisata sawah Jogja adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari pengalaman wisata menarik di Jogja.

Also Read

Bagikan: