6 Foto Wisata Padi Wangongira

Jayadi Sitorus

oleh itu sudah. cewekcewek sudah cecak menjadi Darah. jadi resep panjang umur tertawa terus ya. hahaha ketawa terus atau resep panjang umur bagi laurina labada . Adalah . Berkesenian sebagai pemukul perkusi sementara keponakannya Pricilia banari adalah seorang penyanyi yang ngetop aeterna kalau wanita nadewo kau hal ini. air minum tertutup maka kamipun menikmati tinggal bersama keluarga besar Yesaya banari salah seorang tokoh masyarakat dan senyuman mu Tobelo Halmahera Utara. Laloan HD nang habira Seima ada di ryuhei ngamun minadadi Rio ini . Nah bunyi. Deni Ain um.uny uridu . Nyai no one body. ilmu teori .

MUI homay. Hai lagi nggak jalan Coba aja kencang. masih muka masih dibulan Juli 2015. bersama Yesaya dan kawankawannya kami menuju pedalaman di desa wangongira Kecamatan Tobelo . Barat Halmahera Utara. mungkin uh . Tapi perjalanan tak selalu lancar Hai setelah menempuh 54 KM dari Tobelo. akhirnya kami tiba .

Di Desa Wangun di desa ini dihuni 120 keluarga atau . Sekitar 417 jiwa sepintas tak . Ada yang. istimewa tapi di sini ada .

Jenis padi yang dapat tumbuh di dalam sungai dan sumber air sungai . Itu sedang terancam. Hai menjelang senja . Kami langsung . Menuju lokasi .

Bersama Kepala Desa Wangun Mira abdon Dati II. Hai inilah sumber air yang kita bicarakan sebuah . Perusahaan Air Minum kemasan mengincar sumber air ini namun masyarakat menolak setelah swasta pergi datang pemerintah dengan proyek air minumnya awalnya Hai dorang rencana . Buat Eh aku air Aqua. di sini ah cabin Um air minum air kuat ya setelah itu dua sudah pasang pipa disini kebetulan Seventeen cover masyarakat cukup yang ada yang kami buang mereka pasang pipa tanpa izin tanpa izin kami . Detil kepada masyarakat maupun pemerintah DKI . Di desa makanya saya perintah kabut tipetipe yang ada dan kami buang telah Kalau kami buang Ada petugas lagi datang dari provinsi Nah tadi itu Hai guys perairan kah Tidak diri aku pekerja B dari dinas PU Provinsi akan Mari Adong kumpul orangtua menanyakan. lagi Sekarang kami dari pemerintah provinsi kami akan mengelola air . Yaitu. Air Minum sumber air ini pun mulai di. tanggul dan dibentuk karena dibendung aliran air . Pun terganggu dan mengancam padipadi Sungai yang menjadi ciri khas Desa Wangun murah akhirnya ini ternyata ditunggu pemodif ati2 aja ada dibangun Mira sini aja diomongin di tempat .

BACA JUGA:   Ada Berapa Budaya Indonesia yang Diklaim oleh Malaysia?

Lain di Halmahera tidak ada padi . Yang tumbuh di sungai Iya tidak ada Hai Padi ini tumbuh tanpa ada yang. menanam Jujur dari urusan anak dari huruf sampai ke ini sepanjang high .

Ke sana terus sampai ke ane klo ada begini tadi jadi kita mandi tapi berenang. berenang di dekat padi itu mainmain Fadil bagi warga uang mengira Padi ini. adalah kalender pertanian jika benihnya mulai . Tumbuh saat itulah warga mulai menanam padi di . Ladang saat tadi ini berbuah warga pun memasuki . Musim panen saya kantoran masyarakat disini setiap panen padi Hai tanam padi .

Itu Camelia disini dia punya contohnya sini kalau di sini Saya punya buah bagus lebar tiga meter atapnya juga bagus tapi kalau gua di sini tidak baik bartimeus . Rapi ini tidak baik . Sebagai begitu selalu begitu setiap tahun begitu selalu terbukti bukti esnya terbukti begitu dari kami punya satu cara untuk padhyangan 6 kali ini ingin terganggunya sumber . Air meluluh ini ekosistem tadi pun ikut terganggu . Kualitas air menurut Hai Jadi sekarang masyarakat kalau minum air harus dimasak . Dulu Pak Iya kalau dulu mereka ambil dari sini bawa ke rumah terus tidak masa lagi langsung minum . Tapi sekarang ambil dari sini bawa kerumah harus masak dulu kau tidak Masa tidak bisa minum Kenapa Pak perubahan karena perubahan dia punya eh rasanya. rasanya sudah berbeda karena banyak .

Rumpun super bertumbuh lumulumu sudah banyak akhirnya . Rasanya surat beda dengan dulu . Hai hari telah gelap kami akan melanjutkan mengambil gambar esok hari dan melihat seberapa vital sumber air ini untuk warga . Wangongira Hai ini tunggu ya. Hai bertemu ini air terjernih . Yang. pernah saya lihat namun bagi warga. wangongira Air ini sudah kotor sejak. dibendung dan tak mengalir lancar lumut mulai tumbuh di dasar air Hal inilah yang membuat rasa air berubah dan warga merasa Kini harus memasaknya sebelum diminum padahal pemanfaatan air minum dapat dilakukan tanpa membendung aliran mata air ini kondisi hulu sungai. yang berubah ikut mempengaruhi pagipagi Sungai . Wang Ia yang legendaris ini Hai namun doa ketika kami . Sedang. mengambil gambar datanglah sekelompok orang ini Hai betapa kau ya ya Aduh uh. Hai menyentuh.

BACA JUGA:   Budaya Indonesia Terdiri dari Beragam Keanekaragaman

Photo Via : docplayer.info
Photo Via : docplayer.info
Photo Via : www.youtube.com
Photo Via : musimwisata.my.id
Photo Via : jepretkota.blogspot.com
Photo Via : wisataalam028.blogspot.com

Also Read

Bagikan: