Favorit 6 Foto Wisata Sentra Tenun Sutra

Harsaya Wasita

pasta Lukman bagi Suku Bugis. menenun Sutra bukan hanya cara mereka untuk mendapatkan uang atau penghasilan tetapi juga cara mereka berkomunikasi dengan leluhurnya dan memastikan kalau budaya menenun . Masih terus berjalan dari generasi ke generasi Sekarang saya sedang berada di Sentra pembuatan tenun di Sengkang Wajo sering melihat lebih dekat bagaimana mereka menghasilkan tenun tenun berkualitas serta lengkap. rasanya berkunjung ke Sengkang bila tidak sepusat pembuatan tenun Sutra nya kawasan pembuatan tenun ini terdiri . Dari kioskios tenun Sutra di belakang kios. terdapat perempuan Bugis sedang menenun di berbagai macam hasil .

Tenun ada di. tempat ini . Warna dan motif yang beragam serta . Sutra yang berkualitas biasa hingga sangat bagus move sebagai. perempuan saya memang selalu tertarik ya dengan warnawarni seperti ini apalagi kalau warnawarni tersebut berasal dari kainkain tradisional yang . Indah banget dan dibuat dengan proses yang panjang dan sulit gitu kainkain Ini bisa disebut sebagai karya seni yang bisa dihargai dengan harga mahal .

Karena memang sulit membuatnya Oh kainnya Indah. dihasilkan oleh tangantangan terampil warga bukit untuk . Menghasilkan Satu helai kain tenun membutuhkan proses yang sangat panjang tak hanya . Perempuan industri tenun lejo. juga dilakoni oleh lakilaki Suku Bugis. Hai seperti . Bapak Manda .

Ia telah . Menjalani pekerjaan ini puluhan tahun Bapak ya . Ngapain Sedang apa Pak ya Serang samasama damai prosesnya apa ini. Pak honey honey . Menghuni benangbenang. proses ini proses sebelum Andi benangnya apa Pak sampai belangnya bisa diproses seperti . Ini tumpukan . Kepompong dari baru .

Dia daripada itu bakal pabriknya Jadi . Kalau jadi ane baru diwarnai di sini Oh ini bagian pewarna awan . Di sini baru dicelupkan diwarnai jadi warna ikan dijemur nanti baru di Gunung kecil begini Sudah . Dibunuh disini gunung lagi hati itu ada kayunya itu Oh jadi ini sebenarnya gulungangulungan kecil ini disusun seperti ini nanti akhirnya disukai semakin bisa membentuk jadi gurunya besar . Gitu ya disana ada .

Berapa banyak ini pak kalau ini tergantung dari anunya ini eh . Ini biasa itu 160162 ditarik. sekalikali tuh jumlah semuanya di sini ya masih disitu 3600 . Benar Oh nanti akan. menjadi tiga jadinya satu 10 cm kayaknya 110 sentimen tetehnya dihasilkan dari 160 gulungan . Benang kecil . Seperti halnya. benangbenang yang telah ditumpuk dalam gulungan besar telah siap diantar ke pengrajin tenun .

B612 disusun berdasarkan motif yang nantinya akan ditenun di dalam satu hari pengerajin . Bisa. menghasilkan 500meter dengan berbagai macam motif mulai dari tenun ikat polos dan corak . Untuk harga tenun pun beragam. semakin lama pengertian tenun maka harga kain pun semakin . Mahal halo hahaha. Sedayu nih lihat ini warnawarninya motifnya bagus banget sih Ya ini . Dari sini asli ya motif khas di sini sekali berapa meter eh biasanya 20 m dan lebih setiap kainnya Apa bedanya dan apa uniknya sih kain khas dari wajah ingin . Dari selesai kalau kita itu kan khasnya. Sutra khasnya Sutra terus motifnya juga lebih . Nampak lebih bedalah dari . Kainkain .

BACA JUGA:   Isi taman pintar

Khas Nusantara lainnya motif yang khas banget dari payung harga dimiliki tempat lain bisa seperti apa Kalau sekarang sih paling khas tradisional itu namanya motif Coba ya Coba coba coba coba itu yang seperti. oh jadi zigzag gitu ya Makassar kan terkenal pelautnya itu menggambarkan itu airnya ombak itu begitu kirakira yang. paling banyak dicari sama pelanggan itu yang seperti apa ini yang paling Oh ini kalau ini tuh kita punya . Ini itu kayak kita . Punya emas gitu Waduh bestseller ini mah best seller soalnya sekarang itu kan bahannya pertama itu bahan Sutra itu langka sekali kebanyakan sekarang kita impor pokoknya dari luar dari Cina itu kita impor koko nya baru nanti kita proses benangnya di sini Oh soalnya dulu kan memang ada di sana itu peternakan buat murbei anu murbei . Juga ulat tapi biasa karena cuaca jadi gagal bahan baku. yang gagal panen jadi sulit semakin. besarnya permintaan pasar maka produksi tenun pun harus makin . Tinggi dulu di setiap. kios terdapat sebuah alat tenun namun sekarang alatalat tenun tersebut dibawa ke rumah pengrajin nantinya hasil tenun akan diambil ke rumah pengrajin membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan hasil yang bagus ada harga untuk sebuah karya yang berkualitas satu hal yang membedakan. . Tenun Sutera Sengkang dengan penuh ikat lainnya seperti Flores dan Sumatera adalah bahan dasar benangnya benang yang. digunakan pengerajin saya Kang .

Merupakan benang asli dari Sulawesi Dari kota. . Sengkang kami . Turun menuju eshopping merupakan kota penghasil .

Ulat sutra terbesar di Sulawesi Selatan . budidaya ulat sutera dan pengolahan menjadi benang banyak dijumpai di Kota Soppeng sedangkan pengolahan . Benang menjadi tenun berpusat di kota Sengkang . Gimana Bang tajuncu Oh jadinya sekitar 20 km . Dari kota Sengkang Sekarang saya sudah berada di Soppeng udah tadi udah nyarinyari di beberapa desa dan kereta adanya di tajun cut sekalian aja langsung ya tanah yuk ulat sutera Ayo kita mau sekarang tidak mudah .

Menjumpai .

Peternak ulat sutra di kawasan ini faktor cuaca dan bibit yang kurang berkualitas membuat banyak peternak yang gulung tikar . Lahan murbei dibabat dan. diganti dengan perkebunan Kakao Alfa. Kemarin .

BACA JUGA:   Wisata edukasi garut

Kan sudah jalanjalan ke Sengkang Saya melihat kain kain sutra yang bagus bagus sekali dan sekarang saat saya ingin melihat proses pembuatannya ini Pak proses Dari awal kan itu ke jadi yaitu dari benangbenang sutra boleh ya Pak ya saat ini Dinas. Kehutanan dan perkebunan Kota Soppeng mulai mensubsidi telur ulat atau bibit kepada petani secara cumacuma Hal ini dilakukan agar masyarakat masih terus membudidayakan lele Sutra yang menjadi kebanggaan Sulawesi Selatan Hai jadi . Ini tanah oleh Beni untuk makanan ulat sutra yang jenisnya bombyx mori bombyx mori ya karena .

Ada juga namanya yang Silet Lili itu jadi dia itu. . Makanannya kayak jambumente terus dong kedondong ada macammacam nah avokad yang tapi itu lain jenisjenis kualitas yang dihasilkan . Juga berbeda bedabeda setornya jadi ini murbei ePaper. banyaknya dengan stek dan dengan biji bisa biji bisa eh kalau dengan stek. tinggal kita ambil step yang kirakira tua steknya itu sekitar enam bulan sudah bisa dipakai di uh untuk menghasilkan. benang yang berkualitas pembibitan ulat sutra juga harus dilakukan sebaik mungkin kualitas dan murbei tempat. pembudidayaan harus bersih evolusi dan kontrol dari pengawas ataupun peternak harus sangat diperhatikan murbei juga memiliki. perawatan khusus pemangkasan dilakukan tiga bulan sekali pembersihan setelah . Pemupukan rutin Hal ini dilakukan untuk. menghindari hama yang suka merusak pucukpucuk pohon murbei yang tadinya. akan merubahnya di lapangan nanti dibawa Jadi bukan ulatnya yang dikeluarkan ke sana baunya dibawa jadi ini ulat yang sudah . Siap sih Sudah siap Sudah matang . Kelihatan dia bening . Dong karenanya bening dan dia sudah mulai menggoyanggoyangkan kepala kepalanya hebat itu tanda syarat disini sudah ada kedua lewat benangnya itu kita pindahkan ke tempat pepohonan dan membutuhkan waktu selama Hai di pemukulan itu kan lebih satu minggu 1/2 lebih panen telat panen sudah bisa kita proses misalnya untuk bibit kita .

Potong kita potong ini deh Kokonya diambil Papanya upacara tanpa isinya di dalam ini Untunglah kalau bahasa Jawa . Ngitungnya diambil isinya . Itu yang misalnya ininya ras Jepang ini nanti kita Sinan dengan nafas Cina untuk membikin hybridnya satunya kau itu untuk dijadikan bibit F1 tapi ketika ini mau dijadikan benang setelah dipanen kita floss jadi floss itu maksudnya membuka ini sudah siap juga sudah bisa jadi floss ini kita buka setelah . Boot yang di luarnya itu .

Penampang Kokonya nanti setelah itu diopen supaya rupanya. di dalam mati mohon kalau gini masih hidup berubah jadi kupukupu kalau jadi kalau dia Jadi kupukupu otomatis Kokonya ini sudah pusaka media kencing gelombang untuk menghasilkan satu ekor. ulat sutra memakan waktu yang sangat panjang dimulai dari tahap peneluran. sekarang di depan saya lagi ada dua ekor kupukupu yang jantan dan betina mereka sedang kawin ya kalian untuk nantinya akan membentuk telur gitu proses selanjutnya treatmentnya itu tidak terlalu banyak telur yang kuning memang waktu tiga jam kurang lebih bisa lebih. tapi kadangkadang ada yang ini lepas sendiri Langsung meletakkan telur jika terjadi banyak kupukupu yang sudah bertelur menteri . Ini aku punya kita ambil nanti dibawa . Ke LED untuk diperiksa penyakitnya kalau di kupu yang diperiksa itu kena penyakit kita menyesuaikan kodenya dan ini kan pakai Danti nomor itu ada masa kadaluarsanya Pak ada ya Jadi ada yang namanya disini. penyimpanan .

BACA JUGA:   Toko buku taman pintar yogyakarta

Singkat yang singkat itu . Penyimpanan langsung di tol Ses maksimum. penyimpanannya itu 20 hari ini penyebabnya ya Jadi kalau lewat . Dari 20 hari itu udah kadaluarsa ada .

Juga yang maksimum penyimpanan 909090 hari lewat. dari . Itu ya ada yang enam bulan telur. kupukupu akan diawetkan pada sebuah ruangan pendingin ruangan ini harus selalu bersuhu 5 hingga 15° Celcius karena pada suhu tersebut telurtelur akan tertidur . Atau bisa disebut penundaan penetasan hai. Hai telurtelur ini akan ditetaskan apabila telah . Ada permintaan dari masyarakat biasanya warga yang meminta bibit akan menginformasikan kepada Dinas Kehutanan satu bulan sebelum . Pembibitan. KMU ada pohon yang telah siap dipanen akan dicek kualitasnya apabila benang yang dihasilkan .

Bagus maka bibit dari ke konter sebut akan dibudidayakan apabila benang yang dihasilkan berkualitas kurang baik maka akan dicek kerusakannya billet Dinas Kehutanan jadi .

Ini proses. gambarnya yg membikin benang ya jadi benangnya itu kokon itu harus di masamasa dulu kasih linknya 4090. melebihi jumlah rusak Oh gitu Hai rezekinya ya jadinya sebelum misalnya kita bawa ke Hai industri pemintalan . Yang besar Kita tes dulu panjang bidangnya masingmasing . Pohon jadi nanti untuk mengetahui Oh ini konon demam pintarnya kalau . Pasien nanti kita sudah bisa menilai harga jualnya belakangnya budidaya ulat . Sutera sangat. menguntungkan dan . Berprospek cukup baik . Mengingat kebutuhan akan benang sutra yang semakin meningkat kebutuhan. nasional hingga saat ini belum terpenuhi untuk menghasilkan Satu helai kain tenun Sutra tentunya . Membutuhkan waktu yang lumayan panjang ini mengingat proses. . Yang panjang rumit dan memakan waktu lama Memang sekarang saya berpikir kalau wajar ya harga selembar kain sutra itu bernilai tinggi dan juga mahal dan sudah sepantasnya untuk mengapresiasi itu hai. Hai . Banget ya.


Photo Via : bastiawanade.blogspot.com
Photo Via : www.mongabay.co.id
Photo Via : wesata.id
Photo Via : wesata.id
Photo Via : docplayer.info
Photo Via : eljohnnews.com

Also Read

Bagikan: