Terbaik 13 Rekomendasi Kabupaten Barito Selatan

Najam Pradana

kabupaten di. provinsi Kalimantan Tengah ini secara astronomis terletak pada 1° 20 menit lintang utara sampai 2° 30 menit bintang Utara dan 114 derajat bujur timur sampai 115 beradat bujur timur sejak. dimekarkannya . Kabupaten Barito timur dari kabupaten Barito Selatan berdasarkan undangundang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2002 luas wilayah kabupaten Barito Selatan .

Dari 12600 64 KM persegi menjadi 7029 km2 atau 5,75 persen dari. luas wilayah provinsi Kalimantan Tengah. batas .

Administrasi daerah kabupaten Barito Selatan wilayah utaranya berbatasan dengan kabupaten Barito Utara wilayah timur berbatasan dengan kabupaten Barito timur Wilayah selatan berbatasan dengan Kabupaten . Hulu Sungai Utara dan kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan wilayah baratnya berbatasan dengan Kabupaten Kapuas pada tahun 2006 dalam rangka. pemerataan dan percepatan . Pembangunan di tingkat pedesaan sesuai dengan aspirasi yang berkembang di masyarakat untuk melakukan penataan wilayah administrasi . Pemerintahan maka oleh Bupati Barito Selatan Bukankah surat keputusan Bupati Nomor 6 Tahun 2006 tanggal 16 Jan 2006 tentang. peningkatan status Dusun dan aksi . Unit pemukiman transmigrasi menjadi Desa definitif di kabupaten Barito Selatan . Dengan demikian wilayah administratif pemerintahan . Kabupaten Barito .

Selatan hingga kini menjadi enam wilayah kecamatan 7 Kelurahan . 86 desa dan 13. Jusuf Hai ibukota kabupaten Barito Selatan terletak di Buntok yang posisinya membujur di sepanjang . Sungai Barito sungai yang panjangnya mencapai 900 KM dengan ratarata kedalaman 8 m dan dapat dilayari hingga 700 KM serta melewati lima Kecamatan dari .

Enam kecamatan di Barito Selatan ini merupakan sungai terpanjang di . Kalimantan Tengah . di Indonesia hai. hai. Hi Ho . Hai stimpy di atas Sungai Barito terbentang jembatan telah yay yang lokasinya di desa kalahiyen Kecamatan . Dusun Selatan memiliki panjang 620 m dan. lebar 9 m dan merupakan jembatan terpanjang kedua di Kalimantan Tengah setelah jembatan Kahayan jembatan kenal. Yin juga menjadi penghubung utama arus lalu lintas di .

BACA JUGA:   Terbaik Sungai Way Besai Dengan 8 Foto

Tiga kabupaten yakni kabupaten Murung Raya Barito Utara dan Barat dan Timur dengan Kota Palangkaraya ibukota provinsi Kalimantan Tengah aku. secara demografi jumlah penduduk di kabupaten Barito selatan pada tahun 2019 sebanyak 136000 260 jiwa. Hai mayoritas masyarakat kabupaten .

Barito Selatan adalah suku Dayak dan terdiri dari beberapa sub suku diantaranya suku Dayak ngaju suku Dayak. bakumpai suku Dayak maanyan suku Dayak lawangan suku Dayak Dusun dan suku . Dayak bawo hanya akui kabupaten Barito selatan. terdapat taman yang menjadi icon kebanggaan warga masyarakatnya yaitu Taman iring witu dan taman rusa yang letaknya di kota Buntok iring witu diambil dari bahasa .

Dayak Dusun witu dan Dayak maanyan yang artinya tepian beritahu orang bakumpai menyebutnya saran Barito istilah ini dipopulerkan sejak era Bupati dokterandes Haji asmawi Agani Hai Selain itu terdapat Bundaran besar dari dahanai Tuntung tulus yang letaknya di pertigaan desa sebagai dan saling ditengahnya terdapat dua patung yang mengangkat sebuah piring melawen yang didalamnya

Also Read

Bagikan: