Memukau Wisata Lembah Baliem Wamena Dengan 14 Foto

Xanana Firmansyah

ketika berkunjung  di Lembah Baliem Wamena Papua saat ini saya bersama dengan pengelola gua  Lokale Bapak Beni Walela ya. kita ada di   depan pintu masuk untuk gua ini dan kita perlu  informasi ya Berkat buah ini kirakira kakak   bisa cerita sedikit. nama gua ini gua Lokale  di distrik Wosilimo. gua ini sampai sekarang   dia punya ujungnya belum pernah ketemu, ini  gua yang terpanjang dunia. jadi salah satu   ahli . Gua Amerika periksa, tahun 96, waktu  itu pagi masuk setengah tujuh . Baru besoknya jam 06.00 sore kembali keluar. .

Gua  lokale merupakan salah satu destinasi   wisata yang menjadi objek kunjungan dari para  wisatawan pada festival budaya Lembah Baliem Sekarang saya sudah ada di salah satu objek  wisata di Wamena yaitu di Gua Kontilola dan   disini saya berada dengan mama Ester Elosa.  Mama Ester ini salah satu pengelola di   tempat ini. ada . Gua, di dalam sini ada  dua, satu di sini satu di atas sana. Guat .

Kontilola ini merupakan salah satu  objek wisata yang dapat anda kunjungi ketika   berkunjung dalam Event Festival budaya Lembah  Baliem di Wamena, Kabupaten Jayawijaya Papua Hai kita sekarang ada di kampung Obia, salah satu  kampung di Kabupaten Jayawijaya Wamena Papua dan   saya .

Bersama dengan bapak siapa, Bernat,  Bapak Bernat Mabel bakal menceritakan atau   menjelaskan sedikit . Kepada kita Bagaimana sistem  pembangunan rumah di satu . Lokasi perkampungan.   kampung ini ada satu keluarga, itu beberapa ada  3 atau 4 orang satu . Honai ini mereka bangun.   yang lurus di sana itu, itu honai perempuan.  perempuan mereka masak makan semua disitu,   ya. . Terus yang bagian sebelah sini ni ini honai  perempuan. honai perempuan ini, satu keluarga   itu satu honai. kalau untuk bagi lakilaki, bagi  . Lakilaki itu semua yang paling depan sana, mereka   semua hidup lakilaki semua tidur di sana, kalau  untuk perempuan, . Anakanak gadis itu samasama   dengan. di honai perempuan, terus bagi anakanak  umur mulai 34 tahun itu dia lepas dari Mama dia   pergi tidur bersamasama dengan lakilaki disana.  ya memang sudah . Ada pembagiannya secara kehidupan   adat istiadat sudah ada, dari dulu sampei. dari  moyang sampai sekarang memang sudah. sudah ada berarti   di perkampungan ini ada dapur umum,  ada honai perempuan, honai lakilaki,   ada juga seperti ini ya apa. kandang “wam”  (babi). kandang babi itu, kami . Orangorang   lembah baliem sini itu. itu melekat. karena  babi itu bersamaan dengan samasama dengan kita   mau manusia. Oke, selain kandang babi mungkin  di halaman .

BACA JUGA:   Mendaki dalam Bahasa Jepang: Menyelami Budaya Luar Biasa Jepang

Utama inilah tempat masakmemasak,   Ya, disinlah masakmemasak. ini ada lagi bakar  batu tradisional ini kami ada mau bersyukuran,   . Selesai di sana, bakar batu di sana  apinya sudah panas nanti kita akan masak,   ada lubangnya disini, Panaskan batu dulu kita buka ini . Dulunya tahun 2009, Iya.  kita . Tampilkan acara seperti festival Ini   tapi .

Kecil. Tampilkan budaya perangperangan,  perangperanganya di halaman yang kami lewati  

Also Read

Bagikan: