Favorit 11 Wisata Komplek Makam Sultan Suriansyah Foto Yang Menakjubkan

Jamalia Wahyuni

ke makam Sultan Suriansyah yang kedua Aku mau memberitahu ke kalian semua selain Sultan Suriansyah siapa saja ya yang dimakamkan di Kompleks pemakaman ini dulunya komplek makam . Sultan Suriansyah . Ini adalah Istana tempat . Sultan Suriansyah semasa hidupnya memimpin Kerajaan Banjar ikuti terus ya ku dan dukung ku dengan cara komen ini tekan tombol . dan tekan tombol notifikasi loncengnya. yuk Ikuti aku . . letak . Komplek makam Sultan Suriansyah ini tidak jauh . Dari mesjid Sultan Suriansyah kurang 500 m tepatnya di kuin utara Banjarmasin Utara bisa dibilang merupakan salah satu destinasi wisata religi faforit yang ada .

Di Kota Banjarmasin selain ziarah . Para pengunjung juga bisa melihat beberapa benda bersejarah yang ada dilingkungan komplek makam Sultan Suriansyah ini salah satunya kita bisa melihat susunan bata kuno yang masih asli dan mengelilingi komplek makam Sultan .

Suriansyah ini yang sudah berusia ratusan tahun batu bata . Kuno ini adalah. batu bata . Merah kerajaankerajaan zaman dahulu yang berukuran lebar sekitar 20 m. panjang 40 cm dan memiliki ketebalan 10. cm batu bata ini sangat mirip dengan. batu bata yang ada di Candi Agung Amuntai Hai keberadaan bata kuno ini adalah buktinya a bahwa dulunya Kompleks makam ini tempat berdirinya istana dan pusat Kerajaan Banjar tidak ada yang tahu kapan komplek makam Sultan Suriansyah ini ditemukan akan tetapi Kompleks pemakaman ini sudah dilakukan pemugaran sekitar tahun 1984 tujuan . Dari pemugaran untuk. memperkokoh sisi bawah makam . Membenarkan letak Nissan dan memperbaiki ukiranukiran yang rusak untuk bata kuno yang ada di sisi makam tidak dirubah karena termasuk cagar budaya yang harus dijaga dan dipertahankan sekarang .

Kita masuk ke area makam ya . di Kompleks makam ini terbagi menjadi dua bagian tanggul yang memiliki batu bata berwarna merah adalah milik Sultan Suriansyah Ratu Intan Sari dan Patih masih jadi dua bagian tanggul masingmasing berukuran 17 kali 17 m sedangkan tanggul di sebelah timur adalah maka milik Sultan Rahmatullah dan Sultan Hidayatullah . Juga memiliki ukuran yang sama hanya saja batu penyusunnya menggunakan . Batu bata putih saat ini makam Sultan Suriansyah atau sultan suryanullah yang juga bergelar susuhunan Batu Habang beliau meninggal .

BACA JUGA:   Mengunjungi Makam Sunan, Simbol Kebesaran Spiritualitas

Pada tahun 1550 masehi beliau berasal . Dari keturunan rajaraja kerajaan Daha dan Sultan Suriansyah merupakan raja Banjar pertama yang memeluk Islam dan sejak dialog agama Islam berkembang dengan pesat di Kalimantan Selatan untuk melaksanakan syiar agama Islam beliau membangun sebuah mesjid yang dikenal dengan Masjid Sultan Suriansyah yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan tonton juga kita sebelumnya ya tentang Masjid Sultan Suriansyah Salah satu tokoh penting dimakamkan di komplek makam Sultan Suriansyah ini tidak lain 21 Intan Sari Ratu Intan Sari. atau Putri Galuh baran akan binti Maharaja sukarama adalah ibu kandung Sultan Suriansyah beliau meninggal pada abad ke16 makam ibunda Sultan Suriansyah ini . Tepat berada disamping makam Sultan Suriansyah dan dalam satu pagar sosok Ratu Intan. Sari memang memiliki peran sangat penting dalam perjalanan Sultan Suriansyah menjadi raja Banjar . Ratu Intan Sari lah yang membawa Sultan Suriansyah kecil dari .

Negara Daha ke wilayah . Banjarmasin karena keselamatannya terancam di Banjarmasin Sultan Suriansyah dipelihara oleh Patih masih dan Patih kuin dan sekitar 14 tahun kemudian mengangkatnya menjadi raja Patih masih adalah kepala kampung Banjarmasin kala itu beliau the pada abad . Ke16 Iya juga . Dipanggil Kiai masih dan memimpin orangorang Melayu dengan .

Sangat bijaksana berani dan . Juga Sakti Patih masih lah yang . Mengangkat Sultan Suriansyah menjadi raja Banjar pertama meskipun Pangeran Sultan Suriansyah saat itu masih muda Hal tersebut dilakukan agar ada kepemimpinan di wilayah Banjarmasin tapi masih .

Tidak salah mengangkat . Sultan . Suriansyah sebab beliau memang titisan raja dari kerajaan Daha yang dibuat oleh pamannya sendiri Hai tapi Queen adalah kepala kampung UIN yang meninggal pada abad ke16 dan makamnya satu pagar dengan Pati masih .

Beliaulah yang menemukan Raden Samudera kecil dan . Memeliharanya sebagai anak angkat khotib Dayan adalah seorang tokoh ulama besar dari kerajaan Demak pada tahun 1521 datanglah beliau ke Banjarmasin untuk mengislamkan Raden samudera beserta sejumlah kerabat istana khotib Dayan merupakan .

Keturunan Sunan . Gunung Jati dari Cirebon Jawa Barat beliau adalah seorang ulama dan pahlawan yang telah mengembangkan dan menyebarkan agama Islam di Kerajaan Banjar sampai akhir hayatnya Mangkubumi keterangan a beliau adalah orang yang menyelamatkan Pangeran Samudera saat masih anakanak saat itu Pangeran Samudera atau Pangeran Suriansyah dimusuhi oleh pamannya sendiri yaitu . Pangeran Tumenggung . Beliau Setia mengikuti jejak Pangeran Samudera .

BACA JUGA:   Favorit 14 Foto Menarik Masjid Raya Medan Dan Istana Maimun

Sampai berdirinya Kerajaan Banjar beliau diangkat . Menjadi Mangkubumi Kerajaan Banjar Gusti Muhammad Arsyad adalah putra dari pangeran Muhammad Said ia meneruskan perjuangan kakeknya Pangeran Antasari untuk melawan penjajah Belanda ia meninggal pada tahun 1938 masehi Said Ahmad Idrus adalah seorang ulama dari Mekkah yang datang ke Kerajaan Banjar bersamasama Haji batu atau Syekh. Abdul Malik ia paikan syiarsyiar agama. Islam dan berdakwah di tiaptiap masjid dan langgar ia meninggal pada tahun. 1681 masehi Senopati antakusuma adalah cucu Sultan Suriansyah Iya seorang panglima perang di Kerajaan Banjar dan sangat pemberani yang diberi gelar hulubalang kerajaan ia meninggal pada awal abad ke16 . saya Abdul Malik . Atau Haji batu merupakan seorang ulama besar di Kerajaan Banjar pada masa pemerintahan Sultan Rahmatullah ia meninggal pada tahun Hai one saanah berasal dari keturunan Kerajaan Brunei Darussalam Ia menikah dengan Datu buna cucu Kyai. martasura yang menjabat sebagai Menteri di Kerajaan Banjar semasa hidupnya Wan saanah senang mengaji alquran dan mengajarkan tentang keislaman seperti ilmu tauhid dan sebagainya ia meninggal. pada tahun . 1825 masehi nah ini makam raja Banjar kedua Sultan. . Rahmatullah Putra Sultan Suriansyah yang. bergelar susuhunan batuputih masa pemerintahannya tahun 1550 sampai 1570 disebelahnya adalah .

Makam Sultan Hidayatullah Rajaban ketiga beliau putra. dari Sultan Rahmatullah cucu Sultan Suriansyah ia bergelar susuhunan batu irang masa pemerintahannya tahun. 15701575 Iya senang memperdalam Ciara agama Islam. pembangunan masjid .

Dan langgar telah banyak didirikan dan berkembang pesat hingga kepelosok perkampungan . Kiai dan tubuh Katsir merupakan seorang menteri di .

Kerajaan Banjar ia keturunan Kyai martasura yang menjabat sang panimba Segara yaitu salah satu batang. menteri di Kerajaan Banjar ia meninggal pada . Tahun 1681 masehi . Pangeran .

Ahmad merupakan seorang Senopati Kerajaan Banjar pada masa Sultan Rahmatullah yang diberi tugas sebagai punggawa atau pengatur hulubalang jaga ia sangat disayangi dan dipercayai oleh raja Ia meninggal pada tahun 1630 masehi .

Pada permulaan abad ke18 seorang. Tionghoa datang berdagang ke Banjarmasin ia berdiam di kuin cerucuk dan masuk . Islam sebagai mualaf tatkala itu anaknya. bermainmain ditepi Sungai hingga jatuh terbawa arus sampai ujung Panti atas mufakat tetua di daerah kuin mayat anak itu dimakamkan di dalam komplek makam Sultan Suriansyah kisah ini Batak kuno yang masih dipertahankan di dalam area makam .

BACA JUGA:   Wisata Dekat Sunan Ampel yang Menyenangkan

Waktu aku menuju sumur yang ada di area makam aku bertemu dengan Bapak Zulkarnain beliau adalah seksi sejarah di komplek makam . Sultan Suriansyah ini ini sumur keramat sumur peninggalan. karena supaya er rajaraja dan Hai gede ini rectangle gliserin estafet peninggalan Buktinya adalah putih kekuningan hari ini di bibir aku bun giau . Kurang lebih bersiap 500 lebih dan ini manfaatnya banyak manamana ini banyak orang yang . Tradisi yang sudah pernah bersin ini kering walaupun tahun di sungai kuin tuh masih . Banyuasin. sampai jadi ini kemarau panjang ada terus ya biasa tetap karena menurutnya . Diberkati setelah sampai sekarang dalamnya kurang lebih sekitar tapi itu secara sedikitsedikit padahal. dari film sebelumnya berlian dan yang keempat pengen belajar setelah . Sensor peninggalan dia untuk bapak Zulkarnain . Terima kasih ya kita jadi tahu tentang sumur keramat ini. . Sekarang kita menuju ke mesium ya yang berada di sebelah kanan pintu masuk Kompleks makam pas kita masuk di sekeliling dinding terpajang pokok dan lukisan ini adalah lukisan wajah asli Sultan Suriansyah dan disampingnya adalah lukisan khotib dayan dan juga . Tuan Mufti Syekh Abdurrahman Siddiq Al Buchori Yan G. Hai inilah bendabenda hasil bongkaran saat pemugaran makam serpihan seperti keramik batu .

Bata cangkir kuno piring kuno kendi kendi dari . Tanah liat ini ditemukan di beberapa rumah . Di sekitar Kompleks makam. di museum ini juga menyimpan beberapa Kendi kuno termasuk Ndi peninggalan Sultan Suriansyah . di sini ada peninggalan berupa Parang nabur Banjar keris kain tatamba dan juga. azimat ini adalah bendabenda pusaka . Peninggalan Kesultanan Banjar bendabenda pusaka yang ada di museum ini adalah benda yang kelihatan secara kasat mata menurut Batak diwarnain sebetulnya banyak sekali bendabenda pusaka berharga lainnya yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata jadi hanya bisa dilihat

Also Read

Bagikan: