Memukau 9 Rekomendasi Wisata Desa Wisata Cikalahang

Elisa Puspasari

kecamatan dukupuntang kabupaten Cirebon Jawa Barat Hai barat mutiara tersembunyi desa cikalahang dengan luas wilayah 364 160. M2 ini mempunyai beragam potensi wisata budaya dan kearifan lokal yang menarik desa cikalahang yang terletak di lereng utara Gunung Ciremai mempunyai nilai potensi daerah strategis yang mendukung karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan dan kabupaten . Majalengka kurang lebih 31 km dari . Bandara internasional Kertajati 14 km dari pintu tol Palimanan dan 25 km. dari stasiun kereta api kejaksan kota Cirebon Jawa di berbagai ragam kearifan . Lokal budaya kuliner dan potensi keindahan . Alam yang ada di desa cikalahang sangatlah mumpuni sehingga layak untuk dikembangkan . Diantaranya wisata . Alam situ pajaten situs prasasti Batutulis rudayu bangunan kuno pabrik es peninggalan Belanda terasering sawah T0 .

Juga beberapa tempat eksotis lainnya yang dinilai berpotensi menjadikan sarana wisata desa .

Situ pajaten Salah satunya . Potensi wisata alam yang menarik ini dulunya adalah eks galian C dengan bertahap lokasi ini direklamasi sehingga sekarang terwujudlah menjadi sebuah kawasan yang indah dan asri penguatan Ia tetap akan tetapi kawasan ini belum dimaksimalkan dalam pengembangan wisatanya karena saat ini hanya dimanfaatkan masyarakat sebatas kegiatan pemancingan alam area camping dan Embung air untuk pengairan kolam perikanan dan pertanian pemerintah Desa cikalahang beserta masyarakat sekitar bersinergi untuk menjadikan kawasan situ pajaten menjadi destinasi wisata yang representative situ pajaten yang memiliki . Luas kurang lebih delapan hektar ini akan dikemas menjadi berbagai atraksi penunjang kegiatan wisata desa seperti camping glamor kemping pemancingan alam teman arena bermain yang representative struktur atau jelajah alam di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai Open trip komunitas sepeda dan motor dan wisata pendidikan konservasi alam dalam .

BACA JUGA:   Tempat wisata untuk anak di jakarta

Kegiatan wisata Mbak disajikan pula atraksi . Atraksi menarik seperti seni kerajinan dan pagelaran budaya serta berbagai atraksi penunjang wisata yang berkearifan lokal situs peninggalan prasasti holiday adalah salah satu potensi wisata desa yang bernilai sejarah dari beberapa prasasti bersejarah di Jawa .

Barat prasasti ini adalah salah satu prasasti peninggalan kerajaan Sunda yang terletak di sebelah barat Desa cikalahang lokasi prasasti huludayeuh berada di tengah persawahan kampung cilotan yang bersebelahan dengan wisata kolam . Renang panorama . Alam di sekitar situs proses sihubil Ayu Sangat menarik karena dilatarbelakangi terasering Pesawahan tenong dan dikelilingi dan bukit dan lukisan gunung kromong yang begitu mempesona keindahan alamnya Adapun bangunan kuno bekas pabrik es peninggalan Belanda juga salah . Satu potensi menarik dengan sentuhan kreatifitas unik tentunya gedung kuno ini akan menjadi penunjang aset wisata desa yang menarik dengan tetap mempertahankan estetika yang ada bekas pabrik es ini terletak diantara wisata wisata kuliner yaitu arah jalan menuju Telaga Remis Telaga Nilam Dan Telaga Biru Kuningan saat ini tuomu Komarudin dan masyarakatnya berupaya mewujudkan potensipotensi yang dimiliki Desa cikalahang menjadi . Desa wisata yang unggul desa wisata berkelas berdaya saing dan berkelanjutan dan mendorong pembangunan daerahnya

Also Read

Bagikan: