Memukau Granit Raksasa Nan Indah Batu Sindu Dengan 15 Foto

Martaka Hidayat

anak berada selamat datang kembali di kabar Rantau Sumatera Barat mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa dan begitu melimpahnya objekobjek wisata yang ada di Sumatera Barat terbukti dengan banyak tempat yang . Tidak kami bahas pada pembahasan Desa Terindah part 1 di kali ini kita akan membahas inilah deretan desadesa terindah yang ada di Sumatera Barat part 2 tapi sebelum masuk ke pembahasannya jangan Nyalakan tombol notifikasinya agar dunsanak tidak ketinggalan terbaru dari kami .

Nagari batu Bulek Nagari batu Bulek . Berada di Kecamatan Lintau buo Utara Kabupaten Tanah Datar provinsi .

Sumatera Barat luas .

Nagari batu Bulek 11,5 km2. atau 5,6 tiga persen dari luas wilayah Kecamatan Lintau buo Utara dengan ketinggian 500900 .

Meter dari atas permukaan . Laut Nagari batu Bulek berjarak satu kilometer dari ibukota Kecamatan dan 26 km dari ibu . Kota kabupaten di negeri batu Bulek ada sebuah Dataran tinggi yang indah dan juga penuh .

Dengan sejarah nama tempat itu adalah puncak Pato objek wisata . Ini banyak digemari para wisatawan . Dan masyarakat setempat sejak lama pemandangan alam tampak indah dari . Puncak Pato kearah batusang akal . Di puncak Pato juga banyak terdapat . Pohon pinus sementara di daerah sekitar patol terdapat banyak gubuk . Tempat pembuatan gula tebu Hai karena salah satu mata pencaharian masyarakat setempat adalah bertanam tebu yang kemudian diolah menjadi gula jarak . Tempuh ke Puncak Pato lebih kurang 25 . Km dari arah Batusangkar akses jalan ke arah puncak Pato juga cukup bagus dan sudah beraspal . Sebelumnya jalan belum diaspal dan kendaraan buzz masih sedikit tidak seperti masa kini Ini Puncak Pato yang menawan semakin disenangi masyarakat untuk berwisata meskipun wabah virus korona belum sepenuhnya lenyap tetapi tetap saja objek wisata tersebut Selalu ramai tidak ada yang tidak tahu dengan puncak Pato sebuah kampung yang berada di ketinggian antara Lintau dan sungai yang hari ini mungkin . Sudah banyak orang yang terlupa akan . Puncak Pato . Tempat dimana dicetuskannya falsafah Minang yang dikenal dengan adat basandi syara’ . Syara’ basandi kitabullah begitulah yang dinukilkan di sana di bukit marapalam Puncak Pato masa lalu Hai hari ini tempat itu sudah jauh lebih berwarna dan indah dari segi pariwisata . Akibat sentuhan . Tangan Pemuda dan anak Nagari batu Bulek khususnya Jorong Pato untuk memajukan kalender wisata Tanah Datar dengan salah satu sportnya yaitu Puncak Pato ini Puncak Pato dapat diakses dari segala arah jika kita dari bandara pelancong akan memasuki kota Batusangkar melalui jalur sungai yang dengan melewati .

BACA JUGA:   Terbaik 12 Rekomendasi Pantai Tanjung Kasuari

Sawah dan perkampungan adat Nagari andaleh serta akses jalan yang sudah bagus dan beraspal sementara dari arah Pekanbaru melalui jalur Payakumbuh melewati halaban memasuki Lintau serta Pasar Balai tangah Nagari batu Bulek dan Pato akan dihiasi dengan pemandangan yang berbeda yaitu gunung sago dan disebelah kanan . Dan bukitbukit kecil di sebelah kiri jalan menuju patok Sangat disayangkan bila pelancong ke Sumatera Barat tidak berkunjung ke Puncak Pato Nagari . Batu Bulek Lintau Nagari Kamang Nagari Berada di kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatra Barat . Luas Nagari 170 7095. persegi atau 19,1 lima persen dari luas wilayah kecamatan 4 Koto arak dari kantor walinagari ke ibukota Kecamatan adalah 1,5 km ke ibukota kabupaten adalah 72 km ke ibukota . Provinsi adalah 108 km Nagari Kamang berpenduduk. 11574 2018 .

Terdiri dari 5913 lakilaki. dan . 5594 perempuan terdapat sebuah tempat bersejarah di Nagari Kamang tempat itu bernama Ngalau Kamang Ngalau Kamang bukan sekadar tempat rekreasi dengan segala keunikan
















Also Read

Bagikan: