Favorit 9 Rekomendasi Kabupaten Barito Timur

Koko Pangestu

kabupaten Barito Timur . the two sebelumnya Barito Selatan dikenal dengan nama Barito Hilir untuk. wilayah dengan luas 8287 koma 57 km2. Sepanjang kiri dan kanan aliran sungai Barito . Dan . Untuk berita Timur sendiri dengan luas 3013 km2 yang meliputi. daratan sebelah timur sungai Barito. Berdasarkan pembagian wilayah administrasi pemerintahan pada waktu itu wilayah beritahu Hilir dan Barito timur adalah wilayah Kawedanan dari kabupaten Barito . Yang Pusat kita hanya berkedudukan di Muara Teweh. kedua . Wilayah Kawedanan tersebut ialah 1 Kawedanan Barito Hilir dengan ibukotanya Buntok dan yang kedua Kawedanan Barito. timur dengan ibukotanya Tamiang Layang . Hai tuntutan masyarakat dari kedua Kawedanan ini agar kabupaten . Barito dipisahkan menjadi dua Kabupaten yang akhirnya . Mendapat dukungan dari DPRD Barito pada tahun 1956 . Dalam bentuk mosi. pada tanggal 30 Jan 1956 Selain itu. tuntutan masyarakat ini dituangkan pula dalam surat dukungan Bupati Kepala daerah kabupaten Barito pada tanggal 23. April 1958 dan sambil menunggu ketetapan. dari pemerintah pusat oleh Gubernur kepala daerah tingkat 1 Kalimantan Tengah maka dikeluarkanlah surat keputusan pada . Tanggal 10 Juni 1950. fun dan ditunjuklah wedana Barito Hilir. disamping tugasnya mengadakan persiapanpersiapan seperlunya realisasi. dari surat keputusan tersebut maka pada tanggal 5 Sep 1958 resmi terbentuknya. . Kantor persiapan kabupaten yang berkedudukan di Buntok Hai pada tahun 1959 keluarlah. undangundang nomor 27 tahun 1959 yang. berlaku sejak . Tanggal 4 Juli 1959. di dalam undangundang tersebut ditetapkan antara lain Kawedanan Bertuah Hilir dan Barito timur dijadikan daerah otonomi yang terpisah dari kabupaten Barito dengan nama kabupaten .

Daerah tingkat 2 Barito Selatan dengan pusat pemerintahan berkedudukan di Bontok secara formal kabupaten Barito timur terbentuk bersamasama dengan beberapa kabupaten lainnya di wilayah provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2002 berdasarkan undangundang Republik Indonesia Nomor . 5 tahun 2002 tentang. pembentukan Kabupaten Katingan Kabupaten. Seruyan Kabupaten Sukamara Kabupaten. Lamandau kabupaten gunungmas kabupaten. Pulang Pisau kabupaten Murung Raya dan kabupaten Barito Timur Hai sejak undangundang tersebut . Berlaku maka . Secara resmi wilayah Barito Timur . Memisahkan diri dari kabupaten Barito Selatan dan menjadi daerah otonom sendiri dengan nama kabupaten Barito timur dengan ibukotanya adalah Tamiang Layang . Barito timur memiliki semboyan. Kabupaten sendiri Gumi jari janang kalalawah yang artinya menjadi jaya. selamanya Hai luas wilayah kabupaten Barito .

BACA JUGA:   Tempat wisata keluarga di puncak bogor

Timur tercatat seluas 3834 km2 yang meliputi. 10 Kecamatan dan untuk informasi. tambahan wilayah kabupaten Barito Timur. termasuk daerah inti Kerajaan Banjar sejak masa hindu hingga dihapuskannya Kerajaan Banjar oleh Hindia Belanda pada tahun . 1860an wilayah ini tidak pernah. diserahkan Kerajaan Banjar kepada Hindia Belanda seperti .

Kebanyakan daerah lainnya . Di Kalimantan untuk sekarang. kabupaten Barito timur juga banyak memiliki potensi wilayah yang bisa dijadikan . Untuk tempat wisata Hai diantaranya adalah liang Saragi. Selain itu seperti bendungan Karang yang . Ada di desa netampin juga merupakan salah satu objek wisata yang cukup bagus. . . MP3 kupukupu. . The lounge










Also Read

Bagikan: