Wisata Semarang Dekat Stasiun: Menikmati Keindahan Kota Tua Semarang

Cinta Lailasari

Semarang, kota terbesar di Provinsi Jawa Tengah, memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah kawasan Kota Tua Semarang yang terkenal dengan bangunan-bangunan klasiknya yang masih terjaga hingga saat ini. Nah, bagi anda yang ingin menikmati keindahan Kota Tua Semarang namun memiliki waktu yang terbatas, asyiknya anda bisa berkunjung ke wisata Semarang dekat stasiun.

Menariknya, wisata Semarang dekat stasiun memiliki lokasi yang strategis karena hanya berjarak beberapa ratus meter dari Stasiun Tawang, salah satu stasiun utama di Semarang. Dengan begitu, anda tidak perlu repot-repot mencari lokasi tersebut karena cukup berjalan kaki saja dari stasiun ke tempat wisata. Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata Semarang dekat stasiun yang bisa menjadi pilihan anda:

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah salah satu bangunan bersejarah yang paling terkenal di Kota Semarang. Bangunan yang dulunya merupakan kantor pusat perusahaan kereta api Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij ini telah berdiri sejak tahun 1904. Dalam bahasa Jawa, Lawang Sewu artinya "Seribu Pintu", karena bangunan ini memang memiliki banyak pintu.

Saat ini, Lawang Sewu telah diubah menjadi museum dan menjadi tempat wisata yang menarik. Anda bisa melihat-lihat sejarah perkeretaapian Indonesia serta melihat langsung bagian dalam bangunan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

2. Tugu Muda

Tugu Muda adalah sebuah tugu peringatan yang dibangun untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Lima Hari Semarang pada tahun 1945. Tempat ini juga menjadi salah satu ikon Kota Semarang yang terkenal.

Tugu Muda terletak di alun-alun Simpang Lima, Semarang, namun tidak terlalu jauh dari Stasiun Tawang. Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum untuk menuju ke tempat ini. Selain berfoto-foto, anda juga bisa sejenak merenung dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:   Taman bunga kota batu

3. Kampung Pelangi

Saat ini, kampung-kampung tematik sedang menjadi tren dan banyak disukai bagi para wisatawan. Di Semarang, ada satu kampung tematik yang sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu Kampung Pelangi. Sesuai dengan namanya, Kampung Pelangi dihiasi dengan berbagai mural warna-warni yang membuat suasana menjadi lebih ceria.

Kampung Pelangi terletak di daerah Semarang Timur, namun tetap bisa diakses dari Stasiun Tawang. Anda bisa menggunakan angkutan umum atau taksi online untuk menuju ke sana. Jangan lupa untuk berfoto-foto di sana dan mengabadikan momen yang seru.

4. Pasar Johar

Pasar Johar adalah pasar tradisional yang terletak di kawasan Kota Tua Semarang. Pasar ini sudah ada sejak tahun 1950-an dan menjadi salah satu pasar tradisional terbesar di Semarang. Di pasar ini, anda bisa menemukan berbagai jenis kebutuhan sehari-hari dan juga berbagai jenis kuliner khas Semarang.

Untuk mencapai Pasar Johar, anda bisa menggunakan angkutan umum atau taksi online dari Stasiun Tawang. Jangan lupa untuk mencicipi beberapa kuliner legendaris di pasar ini seperti soto Ayam dan bakmi Kepiting yang menjadi favorit bagi para pengunjung.

Demikianlah beberapa tempat wisata Semarang dekat stasiun yang bisa anda kunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang menyusun itinerary perjalanan di Semarang. Selamat berwisata!

Also Read

Bagikan: