Memukau Kabupaten Kutai Barat Dengan 3 Foto

Cawisadi Salahudin

48 jiwa pada tahun 2019 dengan. pertumbuhan penduduk 1,3 belas persen mayoritas selama syarakat adat yang terdiri dari bermacam suku Dayak bahasa dan adatistiadat serta kultur dan budayanya . Hutabarat memiliki luas . Sekitar 20380 4,6 nol kilometer persegi. dan wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Mahakam Ulu di sebelah Utara Kabupaten Kutai Kartanegara di sebelah timur Kabupaten Penajam Paser Utara di sebelah Selatan dan di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah selain partai yang saya Sebutkan masih terdapat fakta lain tentang Kabupaten Kutai Barat makanya tonton terus ini sampai selesai dan dan tekan tombol lonceng untuk mendapatkan notifikasi kami selanjut nya eitss. 26 fakta Kabupaten Kutai Barat sejarah kota sendawar sekitar abad ke13 masehi terdapat sebuah kerajaan Dayak di wilayah Kutai Barat tepatnya di sekitar Kecamatan melanda Kecamatan barong tongkok kerajaan tersebut bernama kerajaan sendawar atau . Sentawar kerajaan sendawar merupakan kerajaan besar suku Dayak dan merupakan cikal bakal dari peranakan suku Dayak kerajaan ini menurunkan bagianbagian subbudaya yaitu suku Dayak Bahau suku Dayak Tunjung suku Dayak benuaq dan suku Dayak . Kutai raja pertama dari kerajaan sendawar lah raja telur Azzam card yang memperistri Ratu Mook manaar bulan Hasil perkawinan ini dikaruniai lima anak yang dinamakan swalas gunaq Jellybean benarbenar guna santan Jonathan Puncak kamar . Tahun 1370 masehi putra bungsu raja telur aja .

Jangkat yang bernama Puncak emak2 Win .

Kan dengan putri raja kerajaan Kutai yang bernama Aji . Putri Dewi perkawinan ini Mempererat hubungan kedua kerajaan karena sudah menjadi satu keluarga maka kerajaan sendawar hanya diwajibkan membayar upeti setiap tahunnya pada akhir abad ke13 masehi raja telur Azizah angkat meninggal dunia dan digantikan oleh .

BACA JUGA:   Playground anak di medan

Putra sulungnya yang . Bernama swalas gunaq seperti ayahnya Raja swalas gunaq juga terus menjaga hubungan Kerajaan sendawar dengan kerajaan Kutai wilayah kekuasaan Kerajaan tersebut kini menjadi kota sendawar sebagai ibukota Kabupaten Kutai Barat kelamin tolan rumah adat suku. Dayak kelamin merupakan . Penyebutan rumah . Panjang suku Dayak sebuah bangunan rumah panjang Persegi Empat yang ditopang oleh beberapa setiap penyangga dan berbentuk rumah panggung the posisi dari lem terdiri atas sebuah aula di beberapa deretan bilik milik yang memanjang serta dihuni oleh beberapa keluarga selain menjadi tempat tinggal bersama secara .

Berkelompok dan pusat dari segala aktivitas adat istiadat suku Dayak sporty rapat adat Upacara Adat perkawinan upacara pengobatan dan upacara kematian lamington berlokasi di kampung lambing Kecamatan Muara lawa .

Kampung ini dulu dikenal dengan nama solan berasal dari kata tolong dari suku Benoa tolong sendiri . Merupakan nama dari sebuah Lamin tua yang menjadi .

Pemukiman Dayak benuaq lain tersebut dikepalai .

Oleh seorang kepala adat betah manylink alias kghg kemudian Kerajaan Kutai . Memberinya gelar Janu lain sebagai kepala adat besar atau Panglima .

Suku Dayak benuaq wilayah tolan dan sekitarnya upacara adat Canyon upacara. adat merupakan salah satu

Also Read

Bagikan: