Favorit 6 Wisata Makam Sultan Amai, Raja Pertama Yang Memeluk Islam Foto Yang Menakjubkan

Estiawan Waskita

ya. meminang Putri bookia kangen dari raja. kerajaan Plaza jadi peminangan. Hai di dalam dialog peminangan itu melamar perkawinan Hai itu raja Amai waktu itu belum masuk Islam maka kemudian . Persyaratan untuk. perkawinan ini bahwa pertama rajamai harus masuk Islam kemudian bangunkan. sebuah mesjid akan mesjid ini ada kaitan dengan mahar ya itu . Terjadi pada . Tahun. 1495 akar aja .

Main mendirikan mesjid ini. berkaitan dengan Maha perkawinan. kemudian Hai jadilah Hai bahwa di masjid ini adalah awal pertama kali didirikan di Gorontalo karena waktu itu masyarakat Gorontalo belum mengenal Islam pada tahun 1495 itu masyarakat. Gorontalo masih menganut agama animisme. atau yang Hai dahulu istilah animisme itu disebut. arifur ya agama arifur mereka menyembah. pohonpohon . Menyembah rohroh yang ada di pohon batubatu besar dan memberi. sesajian Jadi mirip Hindu Bali. Hai nah berawalnya daripada pernikahan. ini terjadilah perubahan struktur sosial. di dalam arti keagamaan tajam by setelah. masuk Islam dan memenuhi persyaratan perkawinan .

Maka satu ketiga dia membuat. acara Kena sumpah adat jenjang sumpah. adat ini Hai itu semua dikumpulkan Kaula .

Atau rakyat ulang talok atau bayar Gorontalo. setelah terkumpul Dia memberikan umat. bahwa tinggal Hari ini makan babi. tinggal Hari ini makan barang yang . Haram. dan tinggal hari ini minum tuak dan lain sebagainya semua ini sebenarnya pada . Waktu itu masih .

Sangat digandrungi oleh masyarakat nah ketika dilakukan sumpah. adat .

Yang namanya Hai dengan ucapan following remedial bunga Boy Nah dari sinilah awal cikal. bakal Islam itu berkembang ya ketika. Raja main menyelenggarakan sumpah adat ini yang namanya bodoh sangsinya bilamana ada yang melakukan pelanggaran. terhadap sumpah ini maka akan terjadi. pada dirinya sakit yang luar biasa atau. penyakit yang . Tidak dapat disembuhkan bisanya lepra ya Hai atau bisa bilang 6 pelanggaran adat. ini sangsinya yang bersangkutan bisa menjadi a wa jahat seperti kera jadi. seperti itu maka .

BACA JUGA:   Pasar Wisata Sunan Ampel Surabaya yang Meriah

Sangat ketatnya sumpah. adat itu sehingga orang takut balap melanggar apa namanya adat atau. melanggar sumpah adat ini akan kemudian. . Setelah diadakan kenduri keramaian yang. sangat luar biasa itu raja Abay bercinta. bahwa saya sudah masuk agama Islam. setelah mengucap dua kalimat syahadat dan saya meminta kepada seluruh rakyat Bu Utami cooking Hai apa yang telah saya ciptakan ia. ingin Hai mengucap dua kalimat syahadat di Jepang Gowa adalah seorang ulama. pejuang dan orang Saleh yang masyhur di abad ke16 beliau merupakan tokoh karismatik yang makamnya dikeramatkan dan sampai sekarang selalu dikunjungi banyak orang sebagai penghormatan makam Jepang bola dibangun . Dibalik Mihrab .

Masjid Quba sebuah masjid Mungil di puncak sebuah bukit dengan panorama Danau Limboto di Jepang gula merupakan sebuah gelar yang artinya tokoh yang dituakan orang Gorontalo pada zaman dulu mengenal . Jepang gula . Sebagai kakek tua berjubah .

Putih yang panjangnya sampai . Ke lutut Hai Beliau juga dikenal sebagai ilato . Alias kilat Karena pada saat . Melawan penjajah Belanda beliau mampu menghilang dalam sekejap dan muncul kembali jika negeri dalam keadaan gawat Hai .

Karena jasajasanya Jepang Golem . Mendapat gelar adat Tallo Obey alipu atau orang yang berjasa . Kepada rakyat sebagai lambang Kehormatan dan keluhuran negeri di Jepang gola juga dikenal sebagai tokoh dalam penyebaran agama Islam di Gorontalo berkat penguasaan ilmu agama yang dalam . Beliau tidak hanya dikenal sebagai ulama tapi juga sebagai wali namun ada . Versi legenda lain yang menyebutkan bahwa ilato adalah raja tapi tidak ada yang dapat memastikan Apakah ilato Jepang gula merupakan raja ilato putra dari raja Amai . Yang memerintah kerajaan Gorontalo pada Hai yang pasti pada sebuah batu prasasti di bukit yang merupakan fondasi Masjid Quba tertera tulisan Masjid Quba tempat makam ta’awun liar Raja ilato Jepang Cola takalo Obay lipu 1673 wafat Ahad 1. Muharram 1084 Hijriyah seperti halnya. .

BACA JUGA:   24 Wisata Religi Batu Ampar

Banyak legenda ada sebuah versi lain yang mengatakan bahwa .

Jepang gula wafat di Mekkah namun versi lain juga menyebutkan beliau tidak wafat melainkan Raid menghilang secara gaib di lantai sebagaimana dengan makam dibalik Mihrab Masjid Quba yang diyakini sebagai makam Jepang gola menurut warga . Setempat makam tersebut dibangun berkat adanya keajaiban di tanah tempat makam itu kini berada menurut penuturan orangorang tua terdahulu Jepang gola pernah berwasiat Dimana ada bau harum dan tanahnya berwarna putih disitulah aku disana pula dahulu Jepang gula tinggal sekaligus berhaluan Itulah sebabnya warga setempat penganggur di sana Jepang gola beristirahat panjang Hai mengenal para wali dapat dilakukan juga dengan cara mencari tahu jejak cerita peninggalan serta lokasi makamnya. sehingga setiap saat kita dapat berkunjung . Untuk sekedar mendoakan dan memahami bahwa Gorontalo tidak lepas dari cerita Jejak penyebaran agama Islam . Yang terus jadi pijakan kehidupan hingga saat ini Gorontalo dengan adatnya yang bersendikan syarak dan syarak bersendi kan kita gula terus tumbuh dan hidup menjadi darah yang mengalir di sepanjang usia kehidupan masyarakat Gorontalo. Hi Ho


Photo Via : diktis.kemenag.go.id
Photo Via : id.wikipedia.org
Photo Via : idkuu.com
Photo Via : www.iqbalkautsar.com
Photo Via : www.iqbalkautsar.com
Photo Via : id.wikipedia.org

Photo Via : diktis.kemenag.go.id
Photo Via : id.wikipedia.org
Photo Via : idkuu.com
Photo Via : www.iqbalkautsar.com
Photo Via : www.iqbalkautsar.com
Photo Via : id.wikipedia.org

Also Read

Bagikan: