Favorit Wisata Makam Bayat Dengan 9 Foto

Salwa Mulyani

ini ada sebuah makam yang dikeramatkan atau. tempatnya Kompleks makam yang dikeramatkan yakni makam Sunan tembayat. Sunan tembayat adalah salah satu wali atau Sunan di masa awal penyebaran agama Islam di Pulau Jawa . Pada awalnya beliau. adalah seorang Adipati di Semarang yang mana kemudian setelah mendapat pencerahan dari Kanjeng Sunan Kalijogo . Sekaligus kemudian ngangsu kaweruh menjadi murid atau santri dari Kanjeng Sunan Kalijogo sangat dipakai Semarang tersebut kemudian meninggalkan segala kemewahan dan kekuasaan di Kota Semarang untuk menuju ke daerah pegunungan bagian selatan . The tujuan mensyaratkan agama Islam dalam. perjalanan menyebar ke selatan tersebut rombongan Ki Ageng pandan arang .

Atau Sunan tembayat dicegat oleh tiga orang Penyamun salah seorang Penyamun dikutuk menjadi manusia berkepala domba yang mana setelah bertobat . Ia kemudian dibebaskan dari kutukan dan menjadi pengikut setia dari G Ageng Pandanaran peristiwa ini terjadi daerah yang kemudian disebut Salatiga sekarang berdasar pada kata salah tiga artinya tiga orang yang bersalah setelah sampai dan menetap . Di Bayat Klaten Sekarang Ki Ageng pandanarang lebih dikenal dengan sebutan Sunan bayar atau Sunan tembayat. Hai seperti dimuka kami sampaikan Adiba tiba dan .

Arang atau Ki Ageng Pandanaran nyantri atau nyantri pada Kanjeng Sunan Kalijogo dengan demikian masa hidup Sunan tembayat semasa dengan Sunan .

Kalijogo Hai berdasarkan sengkalan berupa seekor kurakura . Yang dipahatkan pada dinding beratnya crop Masjid Agung . Demak yang didirikan pada tahun 1470 9 sedangkan. Sunan Kalijogo hidup semasa dengan Sunan Kudus cukup oleh karenanya Kompleks. makam tembayat dibangun juga tidak .

Jauh selisihnya dari masa .

Pendirian Masjid Agung Demak maupun masjid Menara Kudus beberapa prasasti berhuruf dan berbahasa Jawa kuno yang ada di Kompleks makam tembayat memperkuat penafsiran tersebut Hai prasasti ini dipahatkan di gapura Segoro Muncar yaitu kabel pertama .

BACA JUGA:   24 Wisata Religi Di Ungaran

Yang . Ada di kaki Bukit berbunyi murtisari road sleting Ratu yang . Bernilai tahun 1448 Saka atau 1526 masehi sedangkan. prasasti yang . Ada di dapur Opan emut bertuliskan wisaya henata wisseng Ratu yang bernilai tahun 1555 Saka pada sisi. lain gapuro tersebut . Terdapat tulisan Ita 1555 masa empat angka tahun ini. bertepatan . Dengan tahun 1633 Masehi yaitu masa Mataram Islam di bawah pemerintahan . Sultan Agung dalam babad. nitik juga diterangkan .

Bahwa Sultan Agung memilih peran yang cukup besar dalam perbaikan Kompleks makam tersebut salah satunya pernah . Memerintahkan untuk memperbaiki makam Sunan tembayat yang di kepada kaum 1620 masehi Kompleks makam. tembayat terbagi atas enam halaman yang masingmasing dipisahkan oleh tembok keliling dan pintu masuk cungkup makam Sunan Bayat terletak pada halaman terakhir . Yang merupakan halaman tertinggi dan bersuci bagianbagian yang dianggap Kuno dari Kompleks makam ini berturutturut dari ganti sampai puncak bukit campakkan adalah yang pertama kapur Segoro .

Muncar yang berbentuk Candi bentar kedua . Gapuro Doodle berbentuk . Candi bentar juga disebut demikian karena pada saat itu ditemukan tinggal bagian kiri gapura ini

Also Read

Bagikan: