Favorit 8 Wisata Museum Purbakala Pleret Foto Yang Menakjubkan

Dimaz Nainggolan

istimewa atau otonomi khusus Hai status ini merupakan sebuah warisan dari zaman sebelum kemerdekaan karena dahulu Yogyakarta merupakan sebuah negara kerajaan yang berdiri sendiri sebutan kota kebudayaan untuk kota ini . Berkaitan erat dengan peninggalanpeninggalan budaya yang bernilai tinggi semasa kejayaan Mataram masa lalu yang sampai sekarang masih tetap Lestari Hai .

Sebutan kata Mataram yang banyak .

Digunakan sekarang ini tidak . Lain adalah sebuah kebanggaan atas kejayaan kerajaan Mataram .

Hi Ho yang tak bisa lepas dari keberadaan Keraton ngayogyakarta Hadiningrat sebagai penjaga poros budaya Jawa. kya Selamat datang di museum sejarah purbakala Plered ada yang bisa kami bantu dia terima . Mbak kamu ingin melihat koleksi yang ada di museum ini boleh Mari saya . Antar . .

Nah kita sekarang sudah tiba di ruang koleksi jadi ini adalah museum sejarah purbakala Plered dulu itu dibangun sekitar tahun 2004 dan selesai pada. tahun 2009 . Namun dulunya itu belum .

Dijadikan sebagai museum hanya sebagai tempat untuk menyimpan bendabenda temuan yang ada . Di wilayah Bantul museum ini dibuka .

Untuk umum .

Sekitar . Tahun 2004 pada tanggal 10maret jumlah koleksi di Museum kami ada 18 buah benda koleksi dan salah satunya adalah Arca ini namanya adalah Arca Durga mahisasuramardini terbuat dari bahan andesit dan ditemukan di Bantul. ini adalah koleksi kami yang selanjutnya hanya adalah umpak . Jadi umpat ini ditemukan di Pleret Bantul dan dulunya itu digunakan untuk mendirikan Soko pada bangunan Keraton ini adalah salah satu Masterpiece dari museum kami yang menandakan bahwa dulunya di sini memang dibangun sebuah Keraton Mataram Islam. koleksi yang ini namanya adalah . V sumur atau biasa orang di sini menyebutnya jobong jadi . Merupakan komponen bagian dari sumur .

BACA JUGA:   Wisata Edukasi Anak di Sentul

Kalau sekarang mungkin bisa kita lihat itu yang terbuat dari semen tapi kalau pada zaman . Dahulu itu dari tanah liat . nah koleksi kamu yang ini namanya Yuni. Hai jadi Yoni ini ditemukan di situs Candi Mantup yang terletak di kabupaten Bantul Yuni dalam mitologi agama Hindu itu dilambangkan sebagai perempuan dan memiliki pasangan bernama . Lingga Lingga itu lakilaki jadi . Dipercaya bahwa pasangan Lingga dan Yoni ini akan jika dikasih air yang. keluar itu akan Suci Mbak selain Lingga dan Yoni ada Flexi . Apalagi dimusim ini masih ada satu koleksi yang bisa dikatakan Masterpiece dari koleksi museum kami yaitu sumur gumuling mungkin bisa langsung kita kesana . sekarang kita akan memasuki kawasan dari. sumur gumuling ini yang namanya sumur .

Slingbag bisa kita buka jadi sumur gumuling ini dulu dibangun ketika ke .

Pemerintahan Amangkurat yang pertama sekitar tahun 1946 sampai 1677 keberadaan sumur ini . Itu menandakan bahwa dulunya Memang disini itu dibangunlah sebuah Keraton dan konon dulunya Itu sumur ini digunakan untuk jamasan atau untuk mensucikan bendabenda pusaka para raja itu selain di sumur gumuling ini apakah ada . Peninggalan bersejarah lain yang ada di . Kraton ketua

Also Read

Bagikan: