Favorit Benteng Somba Opu Dengan 11 Foto

Laksana Hidayat

cucu dan keponakan kita tidak lupa juga tentang sejarah yang ada di Kabupaten Gowa Hai kedatangan Islam memberi pengaruh besar pada aspek budaya dan kehidupan sosial di kabupaten Gowa . Sulawesi Selatan disanalah terdapat Kerajaan Gowa salah satu kerajaan Islam terbesar di pulau Sulawesi yang turut mengukir sejarah babak baru . Dalam perkembangan Islam di nusantara Kerajaan Gowa. berperan penting dalam .

Penyebaran agama Islam dan . Lintas perdagangan internasional mulai dari cerita heroik perjuangan Sultan Hasanuddin sang ayam jantan dari timur hingga riwayat dan ajaran Syekh cukup Makassar yang mendunia benteng sombaopu menjadi tempat pertama yang saya kunjungi untuk Menelusuri jejak sejarah Islam yang . Menyebar ke sendisendi masyarakat Sulawesi Selatan Hai benteng sombaopu dahulu merupakan. ibukota Kerajaan Gowa yang dibangun pada masa . Raja Gowa ke9 Raja Gowa ke10. kemudian meneruskan pembangunan dinding dari tanah liat dengan tinggi sekitar delapan meter dan tebal . Hampir empat meter benteng sombaopu diapit oleh. sungai jeneberang dan . Balang baru dimana kapalkapal asing yang berlabuh berasal dari Laut Jawa dan Selat Makassar di sebelah barat Hai . Saya bersama Mukhlis Sekretaris Daerah Kabupaten sekaligus pemerhati .

Budaya Goa melihat sisa kebesaran Kerajaan Gowa sebagai kerajaan maritim . Terbesar di Sulawesi . Dari benteng seluas 11 hacker ini pak ini kita memasuki. wilayah benteng saat di atas ini biasanya di disusun . Apa meriammeriam . Ini di bagian atas ini meriang meriang berjajar ke sana dan ke sana Ini adalah posisi titik tengah keras untuk memantau keadaan perairan di depan tapi existing. sekarang daratan sudah menjadi daratan lagi . Di luarnya karena sungai jeneberang ini yang berbentuk Delta mengirim sedimentasi pasir sehingga semakin panjanglah Daratan di depan benteng Ini nanti . Benteng sombaopu ini menghadapnya adapter laut .

BACA JUGA:   Wisata petualangan menurut para ahli

Sama dengan bentengbenteng anak benteng lainnya semuanya yang mengawali ini . Dikirimkan benteng ini semuanya menghadap ke laut dengan .

Jalur perdagangan .

Rempahrempah. Asia di Sulawesi Selatan diawali dengan kedatangan Portugis tahun 1533 8 lalu Belanda membuka kantor dagang di bawah kuasa kongsi dagang Hindia Belanda atau . VOC tahun 1671 telah Malaka . Jatuh ke. tangan Belanda VOC semakin ingin menguasai kawasan Goa . Namun Raja Gowa ke16 Sultan Hasanuddin menolak bekerjasama sementara itu Cornelis. speelman melancarkan politik adu domba untuk menghancurkan Kerajaan Goa Bone Soppeng . Wajo dan button agar saling berselisih 24 November . 1973 silam Apa. sukanya berangkat .

Dari Batavia memimpin ekspedisi penyerangan benteng sombaopu untuk menghancurkan Kerajaan Hai 21desember 1666 Armada komando. Belanda di bawah speelman menyerang benteng Somba Opu benteng Ujung Pandang dan benteng Panakukang Armada Spanyol mendatang dari pantai dan menyerang habishabisan benteng ini Namun pasukan Makassar dibawa ke Sultan Hasanuddin dapat menghalau pasukan speelman dan mempertahankan benteng sombaopu namun. setelah empat puluh hari empat puluh malam diserang Sultan Hasanuddin bersama pasukannya gagal mempertahankan benteng dan istana Sultan Hasanuddin pun kesulitan hingga . Seluruh pemukiman di dalam benteng rata dengan tanah

Also Read

Bagikan: