Favorit Bantayo Po Boide (Rumah Raja-Raja Gorontalo) Dengan 6 Foto

Cawisadi Salahudin

ada lumbung beras atau lumbung pangan ia biasanya dibangun modelnya seperti bulat seperti tong tapi agak besar GTA itu tempat menyimpan pangan ya beras dan . Sebagainya lalu di sebelah kiri ada yang disebut wutah kalau udah itu sekarang tempat parkir mobil kalau dulu karena kuda atau kerbau maka yang sebelah kiri itu di tempat menyikat kerbau atau kuda atau juga alatalat transportasi yang ditarik oleh .

Hewan yang lainnya masuk . Ke gedung ke. rumahrumah yang oh dari babu atau dari kayu yang . Patuknya tinggi ini ini dimulai dengan of tangga tangga naik dan tangga turun di sebelah kanan dan kiri kalau naik .

Di sebelah kanan turunnya di sebelah kiri bagian . Paling depan itu biasanya tempat raja dan keluarganya duduk istirahat sebetulnya dua tangga itu juga menunjukkan of selalu dengan simbolsimbol 225 pahala duolingo jadi ada Limboto ada. Gorontalo itu ya Limboto ada koruptor simbolsimbol itu hampir di setiap tempat dan peristiwa selalu bisa temukan yang selalu menunjuk pada gua Negeri Limboto Gorontalo Hai dan di depan itu pula para punggawa para pengawal kerajaan para apitalau atau kita . Sebut sebagai apa saja itu mereka posisi mereka ada di depan sekali satu tahap konstruktur bagian dalam kita akan menemukan satu ruangan yang di dalamnya ada hot rod. agak besar ruangan itu biasanya dipakai oleh raja untuk menerima tamutamu secara terbatas atau melakukan persidangan secara terbatas hanya untuk para petinggipetinggi tertentu di ruangan depan sesudah itu baru kemudian kamarkamar itu berhadapan ada yang unik dari bandayo di setiap bagian pada rumah adat ini dipisahkan oleh sepasang daun pintu pintu pintu tersebut diposisikan dalam satu garis lurus membentuk lorong serta membagi ruang bagian kanan dan kiri secara simetris tidak . Hanya itu terdapat sejumlah ornamen berupa ukiran pada bagian plafon tiang kayu pagar serambi hingga pinggiran atap yang didominasi oleh motif tumbuhan .

BACA JUGA:   Hotel Buana: Menginap dengan Kemewahan di Tengah Kota

Forum ah kerajaan itu langsung dia lurus ke depan . Itu Uh memonitor setiap perkembangan Raja selalu duduk di bagian depan atau di tengahtengah . Ada tempat duduk para layup . Tempat lupa jadi situ sehingga di belakang itu selalu . Kelihatan Siapa yang mikirin siapa ini kanan itu lurus aja sampai di belakang untuk kelihatan Tentu .

Juga kita bicara tentang ornamenornamen di . Dalam rumah ya ada yang disebut . Istilah Pak Kenanga akan . Angka itu yang menggantung di atap yang membuat diangkat dari luar supaya kelihatan bagus ya best . Yang unik bilang Pak adanya itu itu ukiranukiran . Ya. ia tidak mengenal ukirukiran atau abstraksi dari makhluk yang bergerak semuanya hanya berupa sulursulur dan dedaunan atau apalah gitu dan tidak ada makhluk hidup Berupa apakah hewan . Atau tuh itu Oh Jangan sampai di suatu saat nanti ukiranukiran yang ada makhluk bergerak bisa .

Dianggap memiliki kekuatan magis tertentu dan itu menimbulkan Syirik maka Kemudian sejak 1525 tidak lagi menjadi .

Pak karena. ini sengaja dibuat di dibuat belakangan dan dibuat . Sedemikian rupa untuk menunjukkan komitmen over adat bersendi syarak dan syarak bersendi kan Quran .

Itu selain menjadi representasi dari tempat tinggal sang raja bandayo boidae juga menjadi tempat dipamerkannya sejumlah perangkat adat pernikahan mulai the pelaminan hingga pakaian adat yang digunakan terdapat ruangan khusus yang menampilkan peralatanperalatan masyarakat zaman dahulu senjata perang dan ragam alat musik tradisional daerah Gorontalo . tidak hanya unik dengan nilainilai budaya dan filosofis pada struktur . Bangunannya arsitektur Banda Yu ke Wei De juga . Dinilai sangat . Sesuai dengan . Kondisi daerah Gorontalo Dani melihat dari struktur bangunan lantai Jokowi itu memang sangat cocok. yang pertama karena bangunan apapun itu adalah melalui Hai proses maupun Hah proses maupun . Produk dari perencanaan Jadi kalau melihat dari model struktur dan terutama model atap sebenarnya sangat cocok dengan kondisi Gorontalo yang memang tropis dan Indonesia pada umumnya Selain itu bahan materialnya material. kayu itu kan merupakan salah . Satu material yang kayu itu the adalah material yang higroskopis jadi dia. sangat familiar dan cangkok sangat . Cocok dengan kelembaban udara yang tinggi seperti kita sehingga awak tinggi resapan airnya Nah kalau secara . Umum model atap juga itu Kenapa dibilang cocok dengan kondisi Gorontalo modelnya kan atap pelana sehingga curah. hujan yang besar di Gorontalo ini memang pas dengan model atap yang seperti itu Jadi kalau rumah adat Ini pertama dia sangat adaptable ya Sesuai dengan kondisi. daerah Gorontalo Jadi kalau tadi kita bicara yang cured Gorontalo tapi sebenarnya memang sudah banyak perubahan yang pasti dia sudah eh vernakular . Kalau istilah arsitektur itu sudah arsitektur vernakular dia sudah berbaur Mengapa karena simbolsimbol garis silang seperti itu sudah mengadopsi dari Belanda tapi kalau untuk lingkungan dia adaptable Hai bandayo boidae rumah adat khas daerah . Gorontalo yang sarat akan makna filosofis Hai bergaya rumah panggung dengan atap dan langitlangit bangunan tinggi memberi kesan karismatik Hai detail ornamenornamen semakin menambah aksen artistik pada eksterior dan interior ruangannya tiangtiang penyangga menjadi perlambang bersatunya kerajaankerajaan di Gorontalo menjadikan bandayo boidae sebagai representasi tempat terciptanya mufakat.

BACA JUGA:   Taman bermain anak terdekat dari lokasi saya






Also Read

Bagikan: