Memukau Wisata Benteng Keraton Buton Dengan 10 Foto

Dwi Mustofa

yang dahulu bernama Putu nih dan sekarang dikenal dengan nama guyon. Hai menjeda Hai bebas warna merah bayi Hai wow karepmu Pulau Buton terletak di. provinsi Sulawesi Tenggara Hai perjalanan udara dari Jakarta menuju . Buton lebih dulu melalui Makassar. selanjutnya terbang ke kota baubau kota terbesar di Pulau Buton total perjalanan. membutuhkan waktu sekitar empat jam kota. baubau pernah menjadi Ibukota provinsi Sulawesi . Tenggara sebelum pindah ke kota Kendari pada masa lampau kota baubau merupakan pusat Kerajaan Buton kerajaan. Buton .

Terkenal sejak dulu bahkan keberadaannya tercatat dalam Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca pada abad ke14 peninggalan kejayaan masa lampau Kerajaan Buton masih bisa dinikmati hingga sekarang Salah satunya benteng Kraton Hai .

Benteng Keraton Buton sering juga disebut Benteng Wolio Karena kerajaan Buton dulu dikenal dengan nama kerajaan Bollywood saya .

Mencoba mengelilingi . Benteng dengan sepeda motor karena benteng ini sangat luas Benteng Wolio. diklaim sebagai benteng terluas di dunia karena .

Memiliki tembok benteng sepanjang tiga . Kilometer dan luas 23 hektar. Hai saya menjumpai Imran Kudus menulis buku tentang sejarah dan budaya Buton yang juga tinggal di dalam kawasan Benteng merupakan menurut Imran benteng mulai didirikan pada . Abad 16 pada masa pemerintahan Sultan Buton ketiga bergelar Sultan . Kaimuddin pembangunan. benteng dilanjutkan Sultan Buton keempat kelima dan keenam hingga total memakan waktu lima puluh tahun sebenernya alasan. kenapa sih benteng Ini dibangun pertama kali Kenapa pertama button memang sangat tidak aman sekali daerah yang strategis harus kemudian punya potensi besar dari sisi pelayaran terus kemudian eh seringkali Dia mendapat ekspansi . Dari Kerajaan Gowa juga ekspansi dari. kesultanan Ternate sehingga benteng Ini. penting sekali untuk bisa sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Buton .

BACA JUGA:   Wisata edukasi anak di puncak

Sekaligus sebagai pusat pertahanan dari musuh musuh yang hendak ke menyerang hutan dan menguasai button beserta perairan nya setiap bagian. bangunan benteng memiliki makna tertentu Hai seperti jumlah pintu gerbang 12 buah . Konon merujuk pada 12 Lubang yang ada di tubuh manusia bentuk benteng juga punya. keunikan tersendiri Jika dilihat dari. atas penampakan benteng menyerupai bentuk hurufhuruf dalam abjad hijaiyah. Kendati berusia mendekati lima abad konstruksi benteng Buton masih cukup kokoh kalau bahan bakunya benteng. sendiri oleh bahan bakunya benteng Ini dari batuan dalam . Ilmu Biologi ini. disebut batuan Crush Crush dari laut ya. jangan dulu ndak ada semen tapi ini perekatnya berasal dari kapur dan kemudian . Dicampur dengan pasir putih tapi pasir sungai terus kemudian dia dicampur dengan komposisi campuran tertentu kemudian ada .

Bahan Cup dari rumput laut di setiap sudut dan. titik strategis terdapat Bastion atau menara penjagaan untuk memantau musuh. Bastion dilengkapi dengan meriammeriam yang dulu diperoleh dari Portugis dan Belanda ini meriam buat nembak apa. pasukan Infantri kayak mungkin Nyalakan lamban ini gerakannya ini tempat fiksi jadi ini biasanya untuk . Menembak kapal musuh yang ada di laut er

Also Read

Bagikan: