12 Foto Wisata Masjid Jami Air Tiris

Cinta Lailasari

pendiri Masjid ini sendiri adalah Datuk Engku mudo songkal sedangkan. arsiteknya dari Haji Burhanuddin sehingga dateng Komodo songkal inilah yang mengajak tokohtokoh masyarakat alim ulama cerdik pandai bermusyawarah untuk membuat masjid tersebut panitia . Pembangunnya disebut dengan ini mama dan 12 ya ini Ninik Mamak dari berbagai suku. di kampung . Tersebut Datuk . Om Komodo songkar itu . Melihat untuk masjid di Demak bukan pergi Ratu itu ke sana tetapi dipejamkan saja matanya putuslah maghribnya jadi dibangun dengan atap tiga tingkat yang bervariasi Hai Datuk m Komodo songkal selanjutnya meminta masyarakat untuk mencarikan kayu hutan untuk dijadikan tiang jadi masjid ini . Memiliki 40 tiang . Kenapa. 40 tiang karena dalam salat Jumat jemaah minimal 40 . Orang jadi itulah makna 40 tiang itu setelah selesai dibangun Masjid Jami diresmikan dengan menyembelih 10 ekor kerbau .

Baik Jami ini sendiri mempunyai cerita mistis di dalam masjid tersebut terdapat dua tiang kayu yang memiliki kisah misteri Hai dimana kayu tersebut bisa menghilang sebelum ditetapkan masyarakat di .

Dalam menjamin tersebut terdapat dua tiang kayu yang memiliki kisah misteri .

Di mana. kayu tersebut bisa . Menghilang sebelum ditebang oleh masyarakat .

Hai jadi orang kampung yang saat itu pergi kehutan ambil kayu besar . Yang berusia ratusan tahun setelah didekati kayu itu . Menghilang lantaran kayu itu menghilang secara misterius masyarakat melaporkan Kedaton Komodo songkal lalu Datuk mudo songkal membaca. Subhanallah Hai keesokan harinya datuk dan masyarakat datang kelokasi kayu itu sampai di lokasi Datuk meminta seorang pemuda untuk adzan setelah adzan dan .

Tom. Komodo songkal baca doa dan dua batang kayu yang hilang tadi muncul seketika jadi kekuatan Agan itu ada tiga yang pertama apabila masuk waktu salat boleh. kita adzan kedua Apabila bendabenda penting menghilang dengan adzan juga lalu bisa timbul lagi Hai yang ketiga Apabila ada kebakaran besarbesaran dulu mengumpulkan orangorang dengan adzan dua tiang itu sekarang berada di bagian masjid kedua tiang tersebut diukir dengan kalimat Basmalah Masjid Jamik yang dibangun pada masa penjajahan Belanda ini memiliki dua keistimewaan yaitu Kramat dan bertuah Kramat adalah dulunya pernah disiram dengan . Minyak lalu dibakar oleh orang Belanda namun setelah itu tidak ada tandatanda kebakaran kemudian Bertuah kawasan masjid seringkali dilanda banjir yang hampir menenggelamkan rumah warga sebab kawasan perkampungan dekat dengan . Sungai tahun 2016 pernah banjir parah warga mengungsi Tapi anehnya akhirakhir tidak bisa naik ke kawasan mesjid sedangkan .

BACA JUGA:   Terbaik 10 Foto Wisata Masjid Agung Al-Hijri

Rumah warga di sekitar hampir tenggelam luar mesjid terdapat sebuah. bak air di bagian .

Timur Masjid Jami terdapat batu yang berbentuk Kepala kerbau batu tersebut Kramat karena bisa . Pindah dari bab 1 ke BAK. lainnya Hai sejarah Batu itu awal dari pembangunan masjid Jami saat itu warga gotong royong mencari batu batu besar di. . Sungai untuk tapak tiang mesjid Hai jadi warga Kampung Pergilah ke sungai mencari 40 Buahbatu Tondi untuk bantalan . Tiang kemudian semua batu itu dipasangkan Tetapi ada. satu batu yang tidak bisa ditegakkan tiang di atasnya ditaruh kayunya batunya mengelak melihat. keanehan itu warga . Melaporkan lagi ke Datuk setelah dilihat oleh Datuk Hai kemudian meminta warga untuk mengasingkan batu tersebut Datuk batu itu . Nanti akan memiliki. khasiatnya dulunya batu mirip kepala itu sering berpindahpindah tempat tanpa diangkat oleh orang itu tersebut hanya bisa berputar di dalam air Pak saja. Hai kalau dulu sering pindahpindah . Bahkan masuk ke sumur lalu kembali ke. Balai tapi sekarang cuman berputar saja di dalam Mbak kadang bisa ke arah Timur Barat Utara Selatan kalau sekarang arah kiblat .

Air dalam bak. yang ada batu mirip Kepala . Kerbau itu juga dipercaya sebagai masyarakat .

Bisa menyembuhkan bermacam penyakit Banyak masyarakat sekitar yang datang kesana mengambil . Airnya untuk dijadikan obat diminum maupun dibandingkan Karena airnya ini atas izin Allah subhanahuwata’ala bisa menyembuhkan bermacam penyakit seperti demam dan. sebagiannya . Hai Selain itu dulu pernah ada seorang anak berusia tiga tahun belum bisa berjalan dibawa oleh orang tuanya untuk dimandikan dengan air bak tersebut. Alhamdulillah anak itu sekarang bisa jalanjalan Hai dulu juga ada seorang anak muda yang dapat jodoh setelah dimandikan airnya. caranya dia mendirikan air itu ambil. wudhu shalat .

BACA JUGA:   Daftar Masjid di Bandung yang Harus Kamu Kunjungi

Dan berdoa kepada Allah tapi yang mengatur itu kan semua Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena kali Batu ini bisa jadi sebagai perantara saja sementara itu menjelang bulan Ramadan cukup banyak wisatawan yang berkunjung Masjid Jami selain wisatawanwisatawan lokal juga ada dari beberapa negara Jami ramai .

Dikunjungi saat perayaan hari besar Islam seperti Isra Mi’raj nabi dan. Lebaran Idul Fitri itu saja yang . Dapat . Saya sampaikan lebih dan kurangnya saya mohon maaf terima kasih Hi Ho


Photo Via : id.wikipedia.org
Photo Via : www.riauinfo.com
Photo Via : riausky.com
Photo Via : www.ragamtempatwisata.com
Photo Via : www.hinet.co.id
Photo Via : www.pn-bangkinang.go.id
Photo Via : stringfixer.com
Photo Via : www.wikiwand.com
Photo Via : m.potretnews.com
Photo Via : bekawan.com
Photo Via : www.infobisnisdanwisata.my.id
Photo Via : slideplayer.info

Photo Via : id.wikipedia.org
Photo Via : www.riauinfo.com
Photo Via : riausky.com
Photo Via : www.ragamtempatwisata.com
Photo Via : www.hinet.co.id
Photo Via : www.pn-bangkinang.go.id
Photo Via : stringfixer.com
Photo Via : www.wikiwand.com
Photo Via : m.potretnews.com
Photo Via : bekawan.com
Photo Via : www.infobisnisdanwisata.my.id
Photo Via : slideplayer.info

Also Read

Bagikan: