11 Rekomendasi Wisata Kota Tua Kalianget Foto Yang Menakjubkan

Tri Tampubolon

menandakan bahwa etos kerja masyarakat Madura kala itu begitu tinggi Kabupaten Sumenep adalah sebuah Kabupaten yang berada di ujung timur Madura Provinsi Jawa Timur . Yang terdiri dari wilayah daratan dan kepulauan di Sumenep . Diketahui memiliki sedep peninggalan sejarah dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya yang pernah menjadi kota modern pada zaman penjajahan lebih tepatnya .

Di kota Kalianget yang kini dikenal dengan Kota Tua Kalianget di ke. dan menjadi kota karena lokasinya yang sangat strategis dan merupakan kota pelabuhan .

Tersebut di Selat .

Madura di . Masa awalnya Kalianget merupakan cikalbakal kota . Modern di Madura .

Timur atau di Sumenep kota ini juga Sekaligus merupakan salah satu kota modern pertama di .

Nusantara sejak secara historis. kawasan Kota Tua didirikan oleh kongsi perdagangan bangsa asing atau VOC pada awal abad ke18 VOC mulai tercatat menancapkan kukunya di kawasan Madura Timur pada tahun 1750 itu . Sumenep berada. di bawah pemerkaya itu Sumenep berada dibawah pemerintahan Pangeran ramma Ayah Cakranegara kedua Kendati demikian sebagian besar sisa peninggalan bangunan di Kota Tua bererak 1830 and yang artinya dimasa itu VOC telah bubar . Dan diteruskan kolonial sebagai penanda bahwa pihaknya menang atas unep VOC pun membangun sebuah benteng Namun karena . Dipandang kurang strategis benteng pertama itupun hanya selesai .

Fondasinya saja letaknya tidak jauh dari kantor BMKG Kalianget saat ini lokasi benteng yang gagal dioperasikan itu . Oleh masyarakat setempat dikenal dengan sebutan lojikantang . Atau jika tentang yang saat ini merupakan . Sebuah kampung yang secara administratif masuk kawasan Desa Kalianget barat tidak berhenti di sana . VOC memilih kawasan lain sebagai Loji di kawasan itu lantas dibangun sebuah benteng mungil lokasinya yang strategis dan berada di daratan tinggi dari .

BACA JUGA:   11 Foto Menarik Wisata Kota Administrasi Jakarta Barat Foto Yang Menakjubkan

Sana VOC memang lebih efektif dalam memantau keluar masuknya kapal di pelabuhan .

Kertas ada sebagai kota yang letaknya . Sangat strategis menjadikan Pelabuhan ini menjadi Bandar Pelabuhan tersibuk yang ada di Selat nah di kota ini kita bisa menemukan beberapa peninggalan sejarah yang pernah dibangun oleh kolonial Belanda seperti pabrik garam bracket modern pertama di Indonesia yang dibangun pada tahun 1899. Tak hanya . Itu pabrik garam bracket. modern pertama di Indonesia yang dibangun pada tahun 1899 dan tidak hanya. bangun pabrik fasilitasfasilitas listrik yang terpusat di gedung Sentral lapangan tenis kolam renang bioskop sampai pemukiman untuk pegawai garam pada waktu itu mulai tersebar di kawasan ini hal ini sebagai Butuh . Hari . Ini sebagai .

Bukti bahwa pemerintahan Hindia Belanda kala itu dengan kuatnya memonopoli hasil garam yang ada di Madura jika diamati model arsitektur Ai. jika diamati model arsitektural bangunan Dewa di kawasan tersebut memang cenderung terpengaruh band indies kebudayaan ini sendiri di Indonesia berkembang pada abad 1718. sampai saat ini jejak jejak kemegahan kawasan Timur . Sumenep itu masih bisa dijumpai bangunanbangunan berarsitektur Eropa menjadi rekam jejak sejarah kegemilangan Sumenep di masa lalu beberapa gedunggedung tua peninggalan sejarah yang masih terdapat di kota tua Kalianget yang berwenang masih terdapat di kota tua kalian ingat antara lain yang pertama jam dinding . Tua di pos Jannah . Disana kita bisa menjumpai jam yang sudah tua beserta pos dagang terlihat termakan usia . Dan tidak . Terlewat dan tidak terawat dulunya tempat ini difungsikan . Sebagai checkpoint bagi karyawan pabrik garam. yang kedua gedung pembangkit listrik letak gedung pembangkit listrik ini adalah di pinggir jalan raya . Kalianget sebelah barat . Dari konten dari kantor pusat dari pusat P3 dan bangunan yang memiliki arsitektur khas Belanda ini . Bangunan. yang pembangunan yang memiliki arsitektur

BACA JUGA:   Terbaik 11 Foto Wisata Kota Surakarta











Also Read

Bagikan: